Ini Loh 5 Cara Menghapus Ulasan di Lazada Untuk Memperbaiki Rating Toko. Seller Merapat!

by Fanny
cara menghapus ulasan di lazada

Sebagai penjual online, tentunya Sobat MEA akan senang ketika mendapatkan ulasan yang baik dari konsumen. Hal ini bisa meningkatkan rating toko dan kepercayaan konsumen baru karena ulasan yang bagus menunjukkan bahwa toko Sobat MEA memberikan pelayanan yang optimal.

Lalu, apa yang terjadi jika konsumen meninggalkan ulasan buruk? Apakah ada cara menghapus ulasan di Lazada agar bisa menjaga rating toko? Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menghapus ulasan di Lazada dan cara memperbaiki rating toko agar tinggi dan terpercaya. Simak pembahasan selengkapnya di sini!

Cara Menghapus Ulasan di Lazada

Mau tahu gimana cara jualan di Lazada dari 0 sampai sukses?

Yuk gabung di Komunitas Seller Marketplace MEA GRATIS!

Ketika membeli suatu produk di Lazada, pembeli bisa memberikan ulasan mereka untuk berbagai aspek. Mulai dari kualitas produk, kecepatan pengiriman, hingga pelayanan yang penjual berikan kepada pembeli. Jika semua bagus, dapat dipastikan pembeli akan memberikan ulasan yang baik dan meninggalkan rating tinggi. Namun jika ada sesuatu yang tidak sesuai keinginan, pembeli juga bisa memberikan ulasan negatif pada produk yang Sobat MEA jual.

Hal ini pasti membuat Sobat MEA bertanya-tanya mengapa mereka memberikan ulasan negatif dan membuat rating produk menurun. Tidak sedikit pula penjual yang mencari tahu tentang cara menghapus ulasan di Lazada karena ingin menghilangkan ulasan buruk tersebut

Keuntungan dari adanya ulasan dari pembeli sendiri agar para konsumen dapat berbagi pengalaman saat berbelanja di toko Sobat MEA. Mulai dari segi pelayanan hingga kualitas produk yang didapatkan. Dengan begitu, pembeli baru bisa mempertimbangkan apakah mereka akan membeli produk di toko Sobat MEA atau mencari toko lain yang menjual produk serupa berdasarkan dari ulasan tadi. Untuk itu memiliki ulasan yang negatif pada suatu produk bisa menyebabkan kerugian.

Sayangnya, ulasan yang ditinggalkan oleh pembeli tidak dapat dihapus. Sehingga pembeli lainnya tetap bisa melihat semua ulasan ini. Jadi, tidak ada cara menghapus ulasan di Lazada. Berikut beberapa fakta lain mengenai cara menghapus ulasan di Lazada:

  • Penjual tidak bisa menghapus ulasan yang diberikan oleh pembeli. Untuk itu ulasan tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna Lazada yang mampir ke produk Sobat MEA.
  • Pembeli juga tidak dapat menghapus ulasan yang mereka berikan, namun pembeli masih bisa mengedit ulasan tersebut. Proses pengeditan ulasannya pun tidak dapat dilakukan berkali-kali. Pembeli hanya bisa mengedit ulasan sebanyak 1 kali.
  • Penjual memang tidak bisa menghapus ulasan, namun jika pembeli meninggalkan ulasan dengan kata-kata, gambar, atau video yang tidak pantas, Sobat MEA bisa melakukan cara menghapus ulasan di Lazada dengan melaporkan ulasan tersebut. Ulasan itu nantinya akan diproses oleh pihak Lazada dan akan dihapus jika memang menyalahi aturan.

5 Cara Memperbaiki Rating di Lazada

Makin rajin kirim barang ke konsumen?

Kalau pakai Jasa Optimasi Marketplace yang bisa meningkatkan penjualan kamu!

Meskipun tidak ada cara menghapus ulasan di Lazada, namun Sobat MEA tidak perlu khawatir mengenai rating toko dan produk yang rendah. Sobat MEA bisa melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki rating di Lazada untuk mengembalikan dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Berikut beberapa cara memperbaiki rating di Lazada yang bisa Sobat MEA lakukan:

1. Meninjau Ulasan

Meskipun tidak ada cara menghapus ulasan di Lazada, namun Sobat MEA tetap bisa melakukan peninjauan ulasan dari pembeli. Jangan jadikan ulasan ini sebagai hal yang membuat Sobat MEA kesal dan marah. Jadikan ulasan sebagai sarana untuk memperbaiki pelayanan dan kualitas produk agar bisa memuaskan pembeli berikutnya.

Perhatikan juga alasan pembeli memberikan ulasan yang buruk. Apakah produk tidak sesuai dengan foto atau deskripsi, atau ketahanan produk yang rendah, atau harga yang tidak sesuai dengan kualitas, atau karena Sobat MEA memberikan pelayanan yang rendah. Dengan begitu, Sobat MEA jadi mengetahui bagian mana yang perlu ditingkatkan untuk meraih ulasan yang baik.

2. Hubungi Pembeli yang Meninggalkan Ulasan Negatif

Tidak sedikit pembeli yang hanya memberikan rating rendah tanpa mencantumkan ulasan dan penjelasan mengapa mereka memberikan rating sedikit. Hanya memberikan bintang 3, terus wush ilang gitu aja.

Agar tidak penasaran akan penyebabnya, Sobat MEA bisa menghubungi jenis pembeli seperti ini melalui komen atau chat secara langsung. Tawarkan pula produk lainnya yang sekiranya bisa menarik pembeli dengan harga khusus. Dengan begitu, pembeli akan merasa dilayani dan diperhatikan dengan baik oleh Sobat MEA.

3. Hubungi Pihak Lazada Untuk Menghapus Ulasan

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, Sobat MEA memang tidak memiliki cara menghapus ulasan di Lazada. Akan tetapi Sobat MEA tetap bisa melaporkan ulasan ke pihak Lazada. Hal ini bisa membantu Sobat MEA dalam memperbaiki rating toko dan produk.

4. Berikan Komentar Balik Secara Positif

Mau dibimbing belajar jualan di Lazada bareng coach profesional?

Bisa kamu dapatkan selengkapnya di Kelas Lazada Expert Plus!

Mendapatkan ulasan negatif tidak hanya membuat kaget, tapi juga kesal. Hal ini bukan berarti Sobat MEA bisa memberikan komentar negatif juga, ya, karena hal ini justru akan menurunkan kredibilitas toko dan produk. Sobat MEA bisa meninggalkan komentar dengan pemilihan bahasa yang halus dan enak dibaca ke pembeli yang meninggalkan ulasan buruk. Ucapkan pula permintaan maaf karena produk yang dikirimkan tidak sesuai dengan ekspektasi mereka dan permohonan maaf atas kurangnya pelayanan yang sesuai. Jangan gengsi, ya. Ingat bahwa pembeli adalah raja.

5. Berikan Penjelasan

Bukan hal yang mengherankan bahwa ada pembeli yang tidak memperhatikan deskripsi produk atau catatan penjual yang Sobat MEA cantumkan dalam toko. Tidak sedikit pembeli yang salah memahami deskripsi produk dan asal beli. Lalu saat produknya sampai, mereka meninggalkan ulasan buruk dan marah-marah sendiri. Hal yang biasa, bukan?

Meskipun tidak ada cara menghapus ulasan di Lazada untuk komen seperti itu, Sobat MEA tetap bisa membalasnya dengan memberikan komentar untuk menjelaskan situasinya. Dengan begitu pembeli lain yang melihat ulasannya juga mengerti alasan dibalik diberikannya ulasan buruk tersebut.

Sekian pembahasan mengenai cara menghapus ulasan di Lazada dan tips memperbaiki ratingnya. Baca juga artikel lainnya seputar cara jualan di Lazada dan marketplace lainnya di sini!

You may also like

Leave a Comment