Cara Membuat Link Affiliate Tokopedia. Mudah Banget loh!

by Viki
cara membuat link affiliate tokopedia

Sobat MEA tentu menyadari bahwa program Affiliate Marketing semakin digemari oleh masyarakat. Tidak heran jika banyak platform yang menawarkan program ini. Setelah Shopee Affiliate, kini hadi Tokopedia Affiliate yang bisa membuatmu semakin cuan. Tapi untuk hal ini, tentunya ada cara membuat Link Affiliate Tokopedia yang harus dipahami terlebih dahulu. 

Cara kerjanya sama seperti Shopee dimana Sobat MEA dapat membagikan link produk ke media sosial dan mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual dari link tersebut. 

Menariknya, Sobat MEA berkesempatan untuk mendapatkan komisi hingga 10% dengan mengikuti Tokopedia Affiliate Program ini. Tapi sebelumnya, yuk, pahami tentang program affiliate marketing dari Tokopedia ini hingga bagaimana cara membuat link Affiliate Tokopedia dan mendapatkan keuntungannya. Simak ya!

Apa itu Affiliate Tokopedia?

Bingung Cara Biar Cuan dari Tokopedia Affiliate?
Yuk kupas tuntas rahasia sukses jadi Tokopedia Affiliate dan raup banyak cuan di komunitas bisnis MEA!

Melansir laman Tokopedia, Affiliate Tokopedia adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mempromosikan produk milik Penjual dengan cara membagikan link yang di-generate melalui platform Tokopedia.

Pengguna dapat membagikan tautan produk yang ada di Tokopedia melalui media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, website, dan situs publik lainnya.

Komisi Affiliate Tokopedia

Mau toko Tokped kamu banyak hasilkan cuan?
Yuk pakai aja jasa manajemen marketplace MEA dengan tim profesional!

Dalam memberikan komisi, sebenarnya ada pembagian komisi yang perlu diketahui untuk setiap produk yang dipromosikan. Tentunya masing-masing produk memiliki nilai yang berbeda-beda. Lantas berapa komisi Affiliate yang akan didapatkan? 

  • HP & Tablet, Elektronik: 1%.
  • Rumah Tangga dan Buku: 4%.
  • Aksesoris Gadget, Kesehatan Ibu & Bayi: 5%.
  • Makanan dan Minuman: 7%.
  • Fashion dan Kecantikan: 10%
  • Produk Lainnya: 2%

Nilai komisi adalah maksimal Rp20.000 untuk setiap kategori per penjualan. Tapi ada komisi tambahan hingga 20% dari produk atau toko yang bertanda khusus yang bertuliskan “Komisi Ekstra”.

Cara Membuat Link Affiliate Tokopedia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Sobat MEA akan mendapatkan komisi dari produk yang dipromosikan melalui link. Artinya, link afiliasi ini harus dibuat terlebih dahulu untuk dapat dibagikan kepada pengguna lainnya. Dan sebelumnya, pastikan Sobat MEA juga sudah mendaftar Tokopedia Affiliate.

Selain itu, tentu saja Sobat MEA harus memiliki akun Tokopedia aktif dan bukan Penjual. Karena pengerjaannya akan dilakukan di aplikasi Tokopedia. Adapun cara membuat link Affiliate Tokopedia untuk produk yang akan dijual, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Tokopedia di HP. Pastikan sudah login akun.
  2. Cari barang yang ingin dipromosikan. 
  3. Pilih produk yang ingin dibuat tautannya. 
  4. Setelah halaman detail produk terbuka, pilih ikon Share.
  5. Selanjutnya, klik Link Affiliate.
  6. Tunggu sampai ada notifikasi “Sip, salin link berhasil disalin”, klik OK.
  7. Jika sudah selesai, bagikan tautan afiliasimu ke media sosial disertai konten menarik yang relevan dengan produk yang dijual.

Jika Sobat MEA ingin lebih cuan, Sobat MEA bisa memilih toko dan produk yang bertuliskan “Komisi Ekstra” untuk mendapatkan tambahan komisi sebesar 20% dan buat tautan afiliasinya. Bahkan Sobat MEA bisa mengajukan sampel gratis ke seller untuk bahan promosi. Tapi tentu saja sampel ini tergantung kebijakan seller, ya!

Ya, begitulah cara membuat link Affiliate Tokopedia yang bisa membuatmu semakin cuan. Tapi ingat, pastikan Sobat MEA imbangi dengan pembuatan konten yang menarik, ya. Tautan saja tidak cukup jika konten yang dibagikan tidak mampu membuat mereka tertarik dengan produknya. Karena sesungguhnya komisi ditentukan oleh keputusan pembelian. Jadi, selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment