10 Cara Membuat Kata Kunci YouTube yang Efektif dan Bikin Video Lebih Populer

cara membuat kata kunci youtube

Sebagai YouTuber, tentu Sobat MEA telah mengetahui bahwa persaingan di dunia YouTube sangatlah ketat. Penting bagi Sobat MEA untuk menemukan audiens yang tertarik dengan konten yang dibuat. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan cara membuat kata kunci YouTube yang efektif. 

Dalam hal ini, satu hal yang perlu Sobat MEA lakukan adalah riset keyword atau memilih kata kunci dalam pembuatan ide konten YouTube. Tentunya bagi yang sudah paham, hal ini merupakan langkah yang cukup mudah. Sebaliknya, hal ini akan menjadi sangat sulit bagi pemula yang baru membuat channel YouTube.

Itulah mengapa dalam artikel ini MiMe bermaksud untuk membagikan beberapa cara membuat kata kunci YouTube yang efektif. Tapi sebelumnya, Sobat MEA mungkin belum betul-betul memahami pengertian dari riset kata kunci YouTube. Check it out!

Table of Contents

Apa Itu Riset Kata Kunci YouTube?

Ingin Tahu Rahasia YouTuber Sukses Raup Cuan Melimpah?
Salah satu rahasianya tentu saja mereka bergabung komunitas yang supportif seperti komunitas YouTuber MEA. Full strategi hingga bimbingan khusus. GRATIS!!!

Riset kata kunci YouTube adalah cara menemukan kata kunci (kata atau frasa) yang sering digunakan oleh pengguna untuk mencari video YouTube. Secara sederhana, riset kata kunci YouTube ini sama seperti riset kata kunci untuk blog dan website. 

Dengan kata kunci yang tepat, video Sobat MEA memiliki peluang untuk muncul di ranking teratas YouTube. Dengan begitu, Sobat MEA juga berkesempatan untuk mengumpulkan lebih banyak viewers.

Riset ini adalah salah satu cara membuat kata kunci YouTube yang efektif. Sayangnya, masih banyak yang bingung dengan apa yang harus mereka lakukan. Tapi lewat artikel ini, Sobat MEA akan mendapatkan informasinya dan menerapkannya secara akurat. 

Cara Membuat Kata Kunci YouTube yang Efektif

Cari tahu bagaimana cara membuat kata kunci YouTube agar bisa memaksimalkan visibilitas konten yang dibuat. Kira-kira ada 10 cara membuat kata kunci YouTube yang efektif dan bisa Sobat MEA lakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Kenali Target Audiens

Langkah pertama dalam membuat kata kunci YouTube yang efektif adalah dengan memahami siapa target audiens Sobat MEA. Apa minat, kebutuhan, dan preferensi mereka? Dengan memahami audiens, Sobat MEA dapat mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan topik video. Misalnya, jika Sobat MEA membuat konten tentang olahraga, maka contoh kata kunci YouTube yang relevan diantaranya adalah “fitness,” “olahraga,” “latihan”, atau “work out”.

2. Gunakan Tools Riset Kata Kunci

Ada berbagai tools pencari kata kunci yang dapat Sobat MEA gunakan untuk memilih kata kunci yang paling populer dan relevan di YouTube baik secara gratis maupun berbayar. Beberapa alat populer termasuk Google Keyword Planner, SEMrush, dan VidIQ. 

Tools ini akan membantu Sobat MEA menemukan kata kunci yang banyak dicari oleh audiens dan memiliki tingkat persaingan yang moderat, sehingga memungkinkan video yang diunggah untuk muncul di hasil pencarian.

3. Perhatikan Volume Pencarian dan Persaingan

Saat melakukan cara membuat kata kunci YouTube, penting untuk memperhatikan search volume dan tingkat persaingan. Volume pencarian mengacu pada seberapa sering pengguna mencari dengan menggunakan kata kunci tersebut. Pilih kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi untuk meningkatkan peluang video ditemukan oleh audiens yang lebih besar. Tapi jangan lupakan tingkat persaingannya. 

Jika kata kunci memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi, sulit bagi video Sobat MEA untuk bersaing dengan konten yang sudah mapan. Pilih kata kunci dengan persaingan moderat untuk meningkatkan peluang video untuk muncul di halaman hasil pencarian.

4. Pilih Kata Kunci yang Relevan dengan Konten

Ketika memilih kata kunci, pastikan Sobat MEA mendapatkan keyword yang relevan dengan konten yang dibuat. Jika Sobat MEA menggunakan kata kunci yang tidak berhubungan dengan video, hal ini akan menyulitkan pengguna untuk menemukan video dan mengurangi kemungkinan video Sobat MEA untuk ditonton oleh pengguna. Pilih kata kunci yang secara akurat mencerminkan topik, isi, dan tujuan video.

5. Gunakan Variasi Kata Kunci

Selain menggunakan kata kunci utama, cobalah menggunakan variasi kata kunci yang terkait dengan topik pada konten. Cara mencari kata kunci YouTube ini dapat meningkatkan peluang video untuk muncul dalam pencarian yang lebih spesifik. Misalnya, jika kata kunci utama adalah “makanan sehat,” variasi kata kunci yang relevan mungkin termasuk “resep makanan sehat,” “tips makanan sehat,” atau “pola makan sehat.” Hal ini karena setiap pengguna bisa menggunakan kata kunci yang berbeda pada kolom pencarian YouTube meskipun hal yang mereka cari sebenarnya sama.

6. Gunakan Kata Kunci dalam Judul Video

Bisnis Onlinemu Berjalan Lambat?
Tenang aja, ada tim MEA yang siap membantu mengelola bisnis online dari awal hingga besar. Klik di sini sekarang!

Salah satu tempat terpenting untuk menggunakan kata kunci adalah dalam judul video. Judul yang jelas, deskriptif, dan mengandung kata kunci akan membantu mesin pencari YouTube memahami topik video. Untuk itu, pastikan Sobat MEA membuat judul video yang menarik dan menggambarkan dengan tepat apa yang akan ditonton oleh audiens.

7. Manfaatkan Deskripsi Video

Selain judul, deskripsi video adalah tempat lain di mana Sobat MEA dapat memasukkan contoh kata kunci YouTube yang sudah dicari sebelumnya. Tuliskan deskripsi yang informatif dan mendalam tentang konten video, kemudian sisipkan kata kunci secara alami di dalamnya. 

Gunakan paragraf pertama deskripsi untuk menyajikan ringkasan menarik tentang video dan mengandung kata kunci yang paling relevan. Selain itu, Sobat MEA dapat menambahkan link ke sumber daya tambahan, sosial media, atau situs web dalam deskripsi untuk meningkatkan interaksi dan subscribers

8. Tambahkan Kata Kunci ke Tag

Cara membuat kata kunci youtube juga bisa Sobat MEA terapkan pada tag di konten YouTube. Tag adalah kategori atau kata kunci tambahan yang membantu YouTube untuk memahami isi video yang dibuat. Tambahkan kata kunci yang relevan dan terkait dengan topik video ke dalam tag. Gunakan variasi kata kunci dan tambahkan tag yang spesifik untuk meningkatkan peluang video muncul dalam hasil pencarian yang lebih terperinci.

9. Gunakan Anotasi dan Kartu 

Anotasi dan kartu adalah fitur di YouTube yang memungkinkan Sobat MEA untuk menambahkan informasi tambahan, tautan, atau penunjuk ke video lain atau situs web eksternal. Manfaatkan fitur ini dengan bijak untuk menyoroti kata kunci yang relevan dalam video. Fitur ini dapat membantu penonton memahami topik dengan lebih baik dan memperluas jangkauan konten.

10. Promosikan Video Secara Aktif

Terakhir, setelah mengoptimalkan kata kunci pada video, penting untuk mempromosikan video tersebut secara aktif. Bagikan video di media sosial, sertakan di blog, atau situs web, dan ajak penonton untuk menyebarkan video kepada orang lain. Ini menjadi salah satu cara untuk membuat konten menjangkau semakin banyak audiens.

Semakin banyak penonton yang menemukan dan menonton video, semakin besar peluangnya untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian YouTube.

Begitulah cara membuat kata kunci YouTube yang penting diketahui oleh para YouTuber. Dalam mencapai kesuksesan di YouTube, penggunaan kata kunci yang efektif sangatlah penting. Dengan kata kunci yang tepat, Sobat MEA dapat meningkatkan jangkauan video dan menarik lebih banyak penonton yang tertarik pada konten.

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.