Temukan Ponsel Hilang dengan 2 Cara Melacak Lokasi Lewat Akun Google!

cara melacak lokasi lewat akun Google

HP atau ponsel adalah salah satu barang penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Ponsel berfungsi sebagai alat komunikasi, sumber hiburan, hingga menjadi alat transaksi. Jika ponsel ketinggalan atau hilang, kita akan merasa bingung dan panik, bukan? Inilah mengapa banyak orang yang mencari cara melacak lokasi lewat akun Google.

Tentu Sobat MEA perlu mengetahui hal ini terlebih dahulu bahkan jika Sobat MEA belum pernah mengalami kehilangan ponsel. Cara melacak lokasi lewat akun Google ini perlu diketahui agar Sobat MEA bisa mencari ponsel dengan lebih mudah ketika tertinggal atau hilang di suatu tempat. Lalu, bagaimanakah caranya? Semua akan kami bahas secara tuntas di sini!

Table of Contents

Syarat Melacak Lokasi Lewat Akun Google

Mau promosiin produk lewat Google Ads tapi nggak tahu caranya?
Yuk gabung ke komunitas yang dipandu oleh pebisnis online berpengalaman dan dapatkan berbagai macam tips jualan online. Gratis!

Sebelum membagikan cara melacak lokasi lewat akun Google, Sobat MEA perlu memenuhi syarat agar bisa melacak ponsel dengan menggunakan akun Google. 

Memang akun Google sudah mencatat segala aktivitas termasuk lokasi jika Sobat MEA sudah login. Namun Gmail sendiri tidak menyediakan fitur untuk melakukan pelacakan secara langsung yang membuat Sobat MEA harus melacaknya secara manual.

Oleh karena itu jika Sobat MEA tidak memenuhi syarat ini, maka Sobat MEA tidak akan bisa melacak ponsel yang tertinggal atau hilang. Jadi, pastikan Sobat MEA sudah memenuhi syarat-syarat di bawah ini:

  • Ponsel yang hilang dan yang dipakai untuk mencari sudah login ke akun Gmail yang sama.
  • GPS pada ponsel yang hilang harus sudah aktif atau sudah selalu diaktifkan sebelumnya.
  • Ponsel yang hilang membuka akses aktivitas terkini. pada akun Google.

Cara Melacak Lokasi Lewat Akun Google

Mau bisnis online tapi bingung mulai dari mana?
Tenang aja, MEA menyediakan berbagai macam jasa untuk bantu mengelola bisnis online. Klik di sini buat tahu lebih!

Jika sudah memenuhi syarat di atas, Sobat MEA bisa langsung melakukan cara melacak lokasi lewat akun Google. Perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku untuk perangkat Android. Jika Sobat MEA menggunakan perangkat iOS atau iPhone, Sobat MEA membutuhkan fitur iCloud untuk melacak ponsel yang hilang.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah 2 cara melacak lokasi lewat akun Google yang bisa Sobat MEA gunakan ketika ponsel hilang:

1. Cara Melacak Lokasi Melali Email

Cara melacak lokasi lewat akun Google yang pertama bisa Sobat MEA lakukan melalui email. Tentu setiap ponsel sudah terdaftar dengan alamat email karena inilah yang membuat Sobat MEA bisa menikmati semua layanan Google pada ponsel dan menggunakan aplikasi lainnya yang dibutuhkan. Dengan akun Gmail ini, semua aktivitas Sobat MEA terintegrasi secara otomatis dengan layanan Google, termasuk Google Maps.

cara melacak lokasi lewat akun Google

Dengan akun Gmail ini, semua aktivitas Sobat MEA terintegrasi secara otomatis dengan layanan Google, termasuk Google Maps. Berikut adalah cara melacak lokasi lewat akun Google dengan menggunakan email:

  • Masuk ke akun Gmail Sobat MEA melalui PC atau laptop.
  • Klik ikon 9 titik di sebelah kanan atas, lalu klik Akun.
  • Sobat MEA akan masuk ke halaman Keamanan.
  • Lihat informasi perangkat apa saja yang tersambung dengan email yang Sobat MEA gunakan saat ini. Apakah ponsel yang hilang masih menggunakan email yang sama.
  • Jika ponsel yang hilang masih tersambung dengan email, maka klik perangkat tersebut pada pilihan yang ada. Lalu lanjutkan dengan klik Detail selengkapnya.
  • Klik Cari perangkat, kemudian Sobat MEA akan dibawa ke halaman Find My Device dari layanan Google.
  • Selanjutkan halaman akan menampilkan perkiraan lokasi ponsel Sobat MEA yang hilang saat ini.

Perlu diingat bahwa fitur ini belum tentu akan menunjukkan lokasi ponsel secara akurat, namun tidak ada salahnya Sobat MEA mencoba cara melacak lokasi lewat akun Google ini.

2. Cara Melacak Lokasi Lewat Akun Google

cara melacak lokasi lewat akun Google

Cara melacak lokasi lewat akun Google berikutnya bisa Sobat MEA lakukan dengan Google Account dengan langkah-langkah mudah di bawah ini:

  • Buka My Google Account pada browser Sobat MEA.
  • Masuk ke akun email Google yang tersambung dengan ponsel yang hilang dan ingin dilacak.
  • Klik Data & privacy.
  • Cari My Activity atau Aktivitas Saya, kemudian pilih menu tersebut.
  • Scroll ke bawah untuk melihat aktivitas terbaru dari akun Google tersebut, termasuk lokasinya saat ini.

Itu dia syarat dan 2 cara melacak lokasi lewat akun Google yang bisa Sobat MEA lakukan jika ponsel hilang atau tertinggal di suatu tempat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.