5 Rahasia Cara Jualan di TikTok Shop Bisa Laris Manis. Wajib Kamu Simak Nih~

cara jualan di tiktok shop

TikTok bukan lagi sebuah media sosial biasa. Hari ini para pengguna TikTok bisa membeli produk alias belanja online dengan adanya TikTok Shop. Yup, sekarang TikTok sudah menjadi social e commerce. Karena potensi ebsar itu, nggak heran kalau semakin banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara jualan di TikTok Shop.

Seperti kita ketahui, TikTok sendiri memiliki jumlah pengguna yang luar biasa besar. Karena jumlahnya yang fantastis tersebut, TikTok menjadi pasar tersediri yang bisa digunakan untuk memasarkan produkmu. Karena itu, Sobat MEA harus mengetahui bagaimana untuk mulai berbisnis lewat TikTok Shop.

Membuka Toko Untuk Berjualan di TikTok Shop

Mau tahu cara membangun toko TikTok dari 0?

Gabung aja Kelas TikTok Premium Business dari MEA!

Sebelum mulai berjualan, tentu saja Sobat MEA harus mengetahui dulu bagaimana cara membuka toko dan menggunakan akun TikTok untuk mulai berjualan. Nah buat Sobat MEA yang mungkin ingin mencoba, yuk langsung aja simak bagaimana cara untuk berjualan lewat TikTok Shop. Check this out~

  1. Pertama buka halaman Seller Centre TikTok Shop atau Sobat MEA bisa klik link ini
  2. Daftarkan jualan Sobat MEA dengan klik tombol Sign Up. Sobat MEA bisa mendaftar dengan nomor telepon atau email.
  3. Sobat MEA harus mengikuti arahan yang ada pada halaman TikTok Shop.
  4. Setelah itu, Sobat MEA bisa mulai mengisi formulir yang berkaitan dengan bisnis yang Sobat MEA jalani.
  5. Isi alamat sampai kontak yang masih aktif. Mulai dari alamat toko, telepon sampai email yang aktif.
  6. Isi informasi toko dan produk. Mulai dari nama toko sampai nama atau keterangan produk.
  7. Selanjutnya Sobat MEA bisa mengisi registrasi bisnis untuk mendapatkan verifikasi TikTok dan tunggu konfirmasi dari pihak TikTok Shop
  8. Selesai. Kini toko TikTok Sobat MEA sudah selesai dibangun.

Hal yang Harus Dimaksimalkan Saat Jualan di TikTok Shop

Bongkar mitos dan fakta jualan di TikTok Shop

Saatnya kamu jadi Top Seller TikTok Shop sekarang juga!

Setelah tahu bagaimana cara membuka toko, Sobat MEA tentu harus mengetahui strategi dan hal-hal yang harus Sobat MEA perhatikan saat mulai jualan lewat TikTok Shop. Nah agar Sobat MEA bisa berjualan dengan baik dan menghasilkan, yuk langsung kita bahas aja di bawah ini!

Membuat Video Secara Konsisten

Mau punya template video konten TikTok paling viral?

Kamu bisa dapat dari Kelas Top Creator TikTok MEA!

Hal pertama yang bisa dan harus Sobat MEA lakukan adalah membuat video secara konsisten. Bisa dikatakan video adalah kunci utama agar Sobat MEA mampu menarik perhatian calon pembeli.

Yup, algoritma TikTok akan merekomendasikan produk dan video Sobat MEA pada audiens yang memang mencari. Meski nggak akan langsung FYP, dengan membuat konten secara konsisten, pasti akan ada waktu video Sobat MEA masuk FYP dan viral.

Kolaborasi Dengan Kreator Lewat TikTok Affiliate

Meski memiliki fitur jualan, pada dasarnya para pengguna yang bermain TikTok itu mencari hiburan lewat konten-konten dari kreator yang mereka sukai. Beruntung, sebagai penjual kini Sobat MEA juga bisa berkolaborasi dengan para kreator dengan fitur TikTok Affiliate.

Menurut laman resmi TikTok, Affiliate untuk penjual ini bisa memberikan keuntungan dan fitur yang mempermudah pekerjaan karena bisa membuat Sobat MEA kolaborasi dengan kreator yang sesuai dengan produk, memantau hasil kolaborasi dan komisi dibayarkan pada kreator secara otomatis berdasarkan penjualan.

Deskripsi Produk dan Foto Produk yang Berkualitas

Mau jago nulis copywriting bisnis?

MEA punya Kelas Copywriting terbaik. Yuk gabung!

Hal selanjutnya yang harus Sobat MEA perhatikan adalah hal teknis yang berkaita dengan produk. Jika ingin menjual produk, Sobat MEA harus membuat deskripsi produk dan foto produk yang berkualitas.

Masih banyak seller TikTok yang meremehkan 2 hal ini. Padahal dalam dunia bisnis online, visual dan text adalah dua hal yang pertama kali para pembeli lihat.

Sobat MEA bisa menambahkan foto produk yang original dari berbagai sudut dan masukan deskripsi produk yang membahas segala keunggulan dan manfaat produk.

Membuat Katalog Produk Dengan Rapi

Cara jualan di tiktok shop dan tiktok ads

Terakhir, Sobat MEA harus mempercantik halaman toko TikTok Sobat MEA. Maksudnya, kategorikan produk-produk menggunakan etalase TikTok Shop alias fitur katalog produk.

Hal ini berguna agar calon pembeli lebih nyaman mencari, melihat dan membeli produk Sobat MEA. Bukan nggak mungkin kalau akan ada repeat order jika toko Sobat MEA nyaman dikunjungi.

Memaksimalkan Fitur Live Streaming

Hal terakhir yang harus Sobat MEA maksimalkan adalah fitur live streaming. Seperti kita ketahui, fitur satu ini sedang menjadi tipe hiburan baru yang disenangi banyak orang. Selain untuk konten, live streaming juga menjadi salah satu fitur yang kreator gunakan untuk berjualan loh.

Banyak orang yang berjualan lewat live streaming karena memang live TikTok ini menyediakan fitur keranjang kuning. Sobat MEA sebagai seller bisa langsung berjualan dan melakukan promosi saat melakukan live streaming tersebut dan orang-orang yang menonton bisa langsung berbelanja. Sudah banyak toko TikTok Shop yang menghasilkan omzet besar dengan memaksimalkan fitur live streaming ini.

Nah itu dia cara jualan di TikTok Shop beserta 5 hal yang harus Sobat MEA ketahui agar bisa laris manis. Gimana? Apakah Sobat MEA tertarik untuk mulai berjualan lewat TikTok Shop?

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.