Cara Jualan di TikTok Untuk Pemula. Harus Berani Memulai

cara jualan di tiktok untuk pemula

Ada banyak marketplace yang eksis di Indonesia. Ada Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop. Bicara soal marketplace, nggak afdol rasanya jika kita nggak membahas bagaimana cara berjualan di marketplace-marketplace tersebut. Nah kali ini, kita akan mulai dengan cara jualan di TikTok khusus untuk pemula.

Sama seperti membuka bisnis konvensional, Sobat MEA harus berani untuk mulai berbisnis online. Jika memang sudah memiliki niat yang kuat, modal menjadi hal yang bisa Sobat MEA atasi. Oke daripada berbasa-basi lagi, kita akan mulai masuk ke pembahasannya di bawah ini!

Kelebihan Berjualan di TikTok Shop

Mau tahu rahasia algoritma jualan di TikTok Shop?

Gabung Kelas Seller Top TikTok MEA aja!

Sebelum mulai pada tutorial, Sobat MEA harus mengetahui terlebih dulu kelebihan berjualan di TikTok Shop. Ada banyak hal yang membuat Sobat MEA worth banget untuk mulai berbisnis pada platform satu ini. Nah berikut beberapa kelebihan TikTok Shop. Check this out~

Berkonsep Social Marketplace

cara mengedit teks di TikTok

Pertama adalah konsep. Berbeda dengan marketplace lain, TikTok Shop merupakan memiliki konsep social marketplace. Ibaranya, TikTok adalah sebuah alun-alun dan TikTok Shop adalah para penjual yang mengitari atau bahkan ada di tengah-tengah alun-alun tersebut. Dengan konsep ini, berbelanja online menjadi sesuatu aktivitas yang jauh lebih menyenangkan.

Algoritma dan Fitur TikTok Shop yang Mendukung

Optimasi akun TikTok masih manual?

Pakai Robotok biar FLKS otomatis!

TikTok merupakan media sosial yang memiliki algoritma yang unik. Satu akun baru atau sebut saja toko baru bisa langsung mendapat banyak exposure jika memang memiliki konten yang berkualitas. TikTok adalah media sosial dengan tingkat engagement organik yang luar biasa besar.

Selain itu, fitur TikTok juga mendukung. Mulai dari TikTok For Business, TikTok Creator dan fitur-fitur lainnya yang memang TikTok rancang sesuai dengan tujuan para penggunanya.

TikTok Memiliki Banyak Pengguna

Terakhir tentu saja karena TikTok memiliki banyak pengguna. Jangankan di seluruh dunia, TikTok sendiri merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di Indonesia. Jadi ini merupakan pasar yang sangat potensial untuk para pebisnis.

Cara Mulai Mengaktifkan TikTok Shop

Mau bisnis di TikTok tanpa ribet?

Jasa Manajemen MEA bisa bangun toko TikTok kamu dari 0 sampai sukses!

Setelah mengetahui kelebihan TikTok Shop, kita sekarang masuk pada tutorial untuk mulai berjual dan mengaktifkan TikTok Shop. Nah berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Sobat MEA ikuti. Yuk langsung simak aja!

  1. Pertama, membuat akun TikTok Shop Seller. Sobat MEA bisa mendaftar akun lewat website resmi atau klik di sini. Sobat MEA bisa mendaftar baru maupun login menggunakan akun TikTok kamu
  2. Lengkapi informasi toko mulai dari nama, alamat, kontak, nomor telefon dan informasi lainnya. 
  3. Melakukan verifikasi toko. Sebelum berjualan, Sobat MEA harus memasukan dokumen dari mulai KTP dan dokumen lain
  4. Selanjutnya, tambahkan produk. Masukan foto produk, deskripsi, harga, warna, ukuran, dan informasi mendetil lain pada produk
  5. Terakhir, Sobat MEA bisa menghubungkan akun TikTok Shop dengan rekening bank untuk menarik saldo. Sobat MEA bisa klik bagian Link Bank Account pada halaman utama.

Itu dia langkah mudah untuk mulai jualan di TikTok Shop untuk para pemula. Nggak susah kan? Semoga saja artikel ini membantu. Yuk mulai berbisnis dan sukses bareng!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.