Cara Iklan Efektif di Shopee. Sekarang Nggak Akan Boncos Lagi

by fiqhi
cara iklan efektif di Shopee

Salah satu fitur andalan yang wajib untuk digunakan oleh para seller Shopee adalah Iklanku. Buat Sobat MEA yang belum tahu, Iklanku adalah fitur Iklan yang marketplace Shopee kembangkan. Meski berbayar, fitur ini nggak menjamin keberhasilan kamu. Dibutuhkan pengetahun cara untuk pasang iklan yang efektif di Shopee.

Ada banyak sekali penjual yang menggunakan fitur ini dan gagal menerapkannya. Bukannya mendapat traffic pada toko atau penjualan yang berkelanjutan, banyak seller yang justru habis uang jutaan untuk iklan tanpa adanya hasil alias boncos.

Kenapa Harus Menggunakan Iklan di Shopee?

Mau belajar cara jualan di marketplace gratis?

Yuk gabung Komunitas Seller Marketplace MEA GRATIS!

Masih banyak para seller terutama para pemula yang masih skeptis dengan penggunaan iklan Shopee. Padahal, ada banyak sekali manfaat yang bisa Sobat MEA dapatkan dari menggunakan iklan. Nah agar Sobat MEA lebih  yakin, berikut ini adalah 4 alasan kenapa seller wajib untuk memasang iklan di Shopee sekaligus cara agar iklan lebih efektif di Shopee. Check this out~

Penjual dan Kompetitor Semakin Banyak

Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Sejak tahun 2019, Shopee masuk sebagai salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi baik oleh para pembeli maupun para seller. Dengan semakin terbukanya informasi, penjual Shopee otomatis semakin banyak dan persaingan menjadi sangat berat. Karena itu iklan akan sangat berguna untuk menggaet perhatian calon pembeli.

Perang Harga

Karena ada banyak penjual dan persaingan yang semakin ketat, bukan nggak mungkin kalau produk yang Sobat MEA jual memiliki kesamaan dengan produk milik orang lain. Jika memang itu terjadi, maka akan terjadi perang harga yang gila-gilaan.

Setiap seller berlomba-lomba untuk memurahkan barang dagangannya. Mau nggak mau kamu harus melakukan hal yang sama meski keuntungan semakin menipis.

Kompetitor Sudah Beriklan Lebih Dulu

Jika kamu merasa toko nggak berkembang namun kompetitor kamu justru semakin maju, bisa jadi, kompetitor sudah menggunakan fitur iklan Shopee terlebih dahulu. Pengaruh iklan memang sangat besar bagi sebuah toko. Bukan pada toko kompetitor saja, toko kamu yang menjual produk yang mirip akan tergilas oleh kompetitor yang konsisten beriklan. Singkatnya, kamu akan tertinggal begitu jauh jika nggak menggunakan fitur iklan apalagi jika kompetitor sudah melakukannya lebih dahulu.

Artikel Terkait  Istilah Digital Marketing yang Harus Kamu Ketahui!

Kamu Pendatang Baru di Shopee

Alasan selanjutnya kenapa kamu harus menggunakan iklan adalah karena kamu merupakan pendatang atau seller baru di Shopee. Memaksimalkan fitur organik memang harus dilakukan, namun untuk toko baru, hal ini sangat sulit. Pasalnya, seorang pendatang baru nggak memiliki profil yang meyakinkan pembeli. Karena itu, menggunakan iklan akan menjangkau lebih banyak audiens yang membuat lebih banyak orang yang pada akhirnya mengenal toko online milik Sobat MEA.

Cara Pasang Iklan yang Efektif di Shopee

Seperti sudah Sobat MEA ketahui, Shopee sendiri memiliki beberapa jenis iklan. Dan perlu diketahui bahwa ada cara-cara efektif tersendiri dalam menggunakan setiap jenis iklan. Nah buat kamu yang pengin tahu, berikut ini adalah cara pasang yang efektif di setiap jenis iklan Shopee. Check this out~

Cara Menggunakan Iklan Pencarian Produk

Pertama, Sobat MEA harus mengetahui bagaimana cara membuat iklan kata kunci dengan baik di Shopee. Nah berikut ini adalah beberapa langkah cara membuat iklan pencarian produk beserta tips untuk memaksimalkannya!

Pilih Produk Unggulan yang Ingin Diiklankan

Sobat MEA harus memilih produk unggulan dari toko. Namun, pastikan lebih dulu kalau foto dan deskripsi produk sudah sesuai standar organik Shopee. Indikatornya antara lain deskripsi produk, fitur, berat, packaging dan lain sebagainya. Jika sudah, maka Sobat MEA bisa langsung memilih produk tersebut. Membenarkan produk lebih dahulu akan berpengaruh pada efektivitas iklan.

Mulai Memilih Kata Kunci yang Relevan Dengan Produk

Scraper Tools Untuk Marketplace

Setelah tahu produk mana yang ingin Sobat MEA ingin iklankan, tugas selanjutnya adalah mencari dan memilih kata kunci yang relevan. Ada banyak cara yang bisa Sobat MEA  lakukan untuk memilih kata kunci. Namun jika ingin lebih instan, Sobat MEA bisa menggunakan Shopeasytools.

Artikel Terkait  Cara Pasang Iklan di Shopee. Mudah dan Anti Boncos. Ini Tutorialnya!

Shopeasytools merupakan tools penglaris Shopee yang bisa Sobat MEA pakai. Tools ini memang berguna untuk melakukan beragam tugas optimasi toko Shopee. Salah satu fitur dalam Shopeasytools antara lain fitur riset kata kunci yang lengkap memperlihatkan data dari mulai volume, relevansi dan juga rekomendasi harga.

Menentukan Biaya Iklan Setiap Kata Kunci

Langkah selanjutnya dalam cara iklan efektif di Shopee adalah menentukan modal iklan pada setiap kata kunci. Biasanya, Shopee akan memberikan harga rekomendasi. Namun, jika ingin lebih akurat, maka Sobat MEA bisa menggunakan fitur bid iklan dari Shopeasytools. Fitur satu ini akan memberikan Sobat MEA gambaran tentang harga iklan pada kata kunci yang ingin Sobat MEA gunakan.

Atur Modal Iklan dan Durasi Penayangan Iklan

Setelah mengetahui rekomendasi harga dan sudah memastikan akan menggunakan harga tersebut, saatnya Sobat MEA untuk mulai mengatur modal harian iklan dan durasi penayangan. Dalam beriklan, Sobat MEA harus memperhatikan masalah ini. Jangan sampai modal untuk iklan yang sudah Sobat MEA tentukan habis dengan cepat tanpa menghasilkan apapun.

Tips Cara Agar Biaya Iklan Shopee Murah Tapi Efektif

Setelah mengetahui beberapa trik untuk beriklan, MEA Digital Marketing juga akan memberikan beberapa rahasia bagaimana cara beriklan dengan biaya yang murah namun efektif. Nah pastikan Sobat MEA untuk memperhatikan poin-poin di bawah ini, sebab modal harian sebesar apapun untuk iklan akan tetap habis jika Sobat MEA nggak menggunakan strategi.

Jangan Ambil Semua Rekomendasi Kata Kunci dari Shopee

Edit Biaya Iklan Ke Minimal Budget

Jika memang berniat untuk menang dalam beriklan, Sobat MEA harus menggunakan minimal budget untuk melakukan tes pasar. Singkatnya, Sobat MEA harus pasang harga paling rendah karena hal ini memiliki beberapa fungsi mulai dari

  1. Melihat apakah kompetitor aktif dalam beriklan. Biasanya ada beberapa kondisi dimana kompetitor yang klik iklan kamu sebanyak-banyaknya agar kamu boncos. Karena sistem Shopee mengatur biaya klik per iklan.
  2. Untuk memeriksa kata kunci terlebih dahulu. Sebab, kata kunci yang Sobat MEA pilih belum tentu relevan dan sesuai. Tunggu sampai muncul data performa iklan. 

Naikan Budget Iklan

Jika data hasil iklan sudah keluar dan memang hasilnya lumayan bagus, maka Sobat MEA lanjut untuk menaikan budget iklan. Namun, ada 3 syarat yang harus terpenuhi dulu mulai dari

  1. Minimal iklan sudah berjalan lebih dari 3 hari
  2. Sobat MEA sudah bisa membaca data dan menemukan kata kunci yang tepat
  3. Minimal sudah 1x closing

Jika semua syarat terpenuhi, maka Sobat MEA boleh menaikan budget iklan. Namun jika belum, maka strategi iklan akan kurang efektif.

Gunakan Budget dan Durasi Periodik

Ini lebih kepada efektifitas biaya, jika kamu pilih modal dan durasi yang tanpa batas, maka bisa jadi saldo kamu langsung habis dalam beberapa jam kemudian. Kamu akan sulit untuk membaca data dan lebih parah lagi akan kamu akan tobat menjalankan iklan karena boncos. 

Nah itulah beberapa cara memasang iklan yang efektif di Shopee. Gimana? Nggak susah kan? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang memang ingin memasang iklan dan menikan penjualan produk. Aminn!~

You may also like

Leave a Comment