5 Cara Buat Channel WhatsApp. Ternyata Gampang Banget!

cara buat channel whatsapp

Sobat MEA mungkin tahu bahwa Telegram memiliki fitur “Channel” atau “Saluran”. Ternyata WhatsApp ternyata sudah memiliki fitur Channel juga, lho! Sebenarnya apa sih fitur Channel pada WhatsApp ini? Jika Sobat MEA penasaran dengan fitur ini, ini adalah hari keberuntungan Sobat MEA! Karena penulis pada kesempatan kali ini akan menjelaskan bagaimana cara buat channel WhatsApp yang ternyata sangat mudah dan dapat dilakukan lewat HP.

 

Walau terbilang fitur baru untuk pengguna di Indonesia, fitur Channel pada WhatsApp ini ternyata sudah dapat digunakan sejak 8 Juni 2023. Namun, hanya di sebagian negara saja yang dapat mengakses fitur ini. Seperti Kolombia dan Singapura. 

Setelah uji coba, WhatsApp akhirnya merilis fitur Channel ini secara global sehingga Sobat MEA sekarang bisa membuat channel WhatsApp sendiri. Cara buat Channel WhatsApp juga nggak sesulit yang dibayangkan.

Apa itu Channel di WhatsApp?

Mau tahu gimana cara laris jualan online lewat WhatsApp?
Yuk langsung aja gabung Komunitas Jualan Online MEA sekarang juga. GRATIS!

Mungkin ada yang penasaran dengan fitur Channel pada WhatsApp. Buat Sobat MEA yang belum mengetahui apa itu Channel, Channel atau Saluran merupakan fitur pada WhatsApp yang mampu berbagi pesan atau informasi dalam bentuk teks, tautan, gambar, atau video kepada orang banyak yang telah berlangganan pada Channel tersebut. 

Dengan adanya Channel, pengguna WhatsApp dapat mengikuti atau berlangganan pada suatu channel untuk mendapatkan informasi terkini dari channel yang ia sukai atau ikuti. Ini mirip dengan fitur Fanspage Facebook.

Sayangnya, fitur Channel ini merupakan alat komunikasi satu arah. Sehingga pengguna yang berlangganan pada suatu channel hanya dapat menerima pesan dari channel tersebut, tapi tidak dapat membalas atau mengirimi pesan kepada channel. Pengguna hanya dapat memberikan reaksi berupa emoji atau stiker pada pesan yang pemilik channel kirim. 

Syarat Untuk Membuat Channel WhatsApp

Broadcast ke banyak kontak tanpa limit
Pakai Sebari aja. Tools WA anti banned!

Untuk membuat channel di aplikasi WhatsApp sangatlah mudah. Sobat MEA tidak perlu repot menggunakan WhatsApp web untuk menggunakan fitur ini. Cukup dengan HP, Sobat MEA bisa membuat channel sendiri! Namun, terdapat syarat tertentu untuk membuat sebuah channel. Berikut syarat yang harus dipenuhi Sobat MEA untuk membuat sebuah channel di WhatsApp: 

Syarat dalam membuat channel WhatsApp itu tidak berat. Berikut ini adalah syarat-syaratnya:

  • Menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru.
  • Memiliki akun WhatsApp for Business.
  • Memiliki akun WhatsApp Bisnis yang sudah verified (centang hijau).

Jika akun WhatsApp Sobat MEA belum terverifikasi, maka hanya bisa mengikuti sebuah channel saja. Salah satu tanda bahwa akun WhatsApp sudah terverifikasi atau verified adalah terdapat ceklis hijau di sebelah nama pengguna.

Cara Buat Channel WhatsApp

cara buat channel whatsapp

Untuk membuat Channel di WhatsApp, Sobat MEA cukup menggunakan perangkat atau HP android, iOs, atau WhatsApp Web dan melakukan langkah-langkah berikut: 

  1. Buka WhatsApp dan masuk ke tab Pembaruan
  2. Ketuk ikon + dan pilih Saluran Baru
  3. Ketuk Mulai dan ikuti petunjuk yang disediakan oleh WhatsApp. 
  4. Tambahkan deskripsi dan ikon untuk saluran baru. 
  5. Selesaikan dengan menekan Buat Saluran.

Langkah-langkah yang tertera di atas tidak jauh berbeda jika Sobat MEA menggunakan perangkat Android iOS, atau WhatsApp versi web. Jika pengguna WhatsApp belum terverifikasi, tidak akan tampil ikon + pada tab Pembaruan

Pengguna WhatsApp yang baru saja mengikuti sebuah Channe dapat melihat riwayat pembaruan sebuah channel selama 30 hari. Setelah 30 hari, pembaruan tersebut akan terhapus secara otomatis oleh WhatsApp .

Pihak WhatsApp memberikan infromasi bahwa WhatsApp hanya dapat menyimpan riwayat pembaruan selama 30 hari, dan akan menambahkan cara untuk menghapus pembaruan lebih cepat dari perangkat pengikut. 

 

Cara Bergabung di Channel WhatsApp

Jika Sobat MEA nggak mau membuat channel, tapi tetap ingin mendapatkan informasi dari channel yang hendak ikuti, Sobat MEA dapat bergabung dengan Saluran WhatsApp dengan cara yang sangat mudah. Berikut ini langkah-langkah cara bergabung di channel WhatsApp:

  1. Klik tombol menu pembaruan WhatsApp.
  2. Scroll ke bawah hingga Sobat MEA dapat menemuka pilihan Channel atau Saluran.
  3. Pilih akun channel WhatsApp yang ingin diikuti atau yang telah direkomandasikan oleh WhatsApp.
  4. Sobat MEA dapat mencari akun channel yang ingin diikuti dengan opsi Cari Saluran berdasarkan kategori yang tersedia.
  5. Jika sudah menemukan channel yang diinginkan, klik tombol tambah untuk menambahkan channel tersebut pada daftar channel Sobat MEA.

Fitur channel pada aplikasi WhatsApp sangat membantu pengguna dalam mengakses informasi terkini dan juga konten yang menghibur dengan mudah. Hal ini juga menjadi angin segar bagi Sobat MEA atau pengguna WhatsApp yang ingin mendapatkan informasi menarik tanpa harus berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. 

Nah itulah cara membuat channel WhatsApp yang paling mudah. Gimana? Apakah Sobat MEA tertarik untuk membuat channel WA sendiri? Akhir kata, semoga saja artikel ini dapat bermanfaat dan salam satu juta pembeli!

You May Also Like

About the Author: Bimboi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.