Apa Artinya FYP TikTok? Yuk Intip Cara Kerja Algoritma TikTok

fyp tiktok

Setiap media sosial punya algoritmanya masing-masing. Di TikTok misalnya, algoritma akan membawa konten yang dibuat oleh seorang kreator untuk masuk  ke FYP. Emang apa artinya FYP TikTok? Bagaimana cara kerja algoritmanya?

Kalau kalian sering main TikTok pasti sudah nggak asing dengan istilah FYP. Apa itu FYP? FYP adalah singkatan dari For Your Page, fitur rekomendasi video dari algoritma TikTok yang bisa menjangkau lebih banyak orang.

Apa Itu FYP TikTok?

fyp tiktok

FYP adalah fitur rekomendasi konten video. FYP sendiri didasari oleh beragam faktor kontribusi. Biasanya, video yang telah masuk FYP bisa mendapatkan lebih banyak lagi interaksi dengan para pengguna. Nggak jarang FYP bisa menimbulkan tren baru di TikTok.

Menurut laman resmi TikTok, fitu FYP sendiri didukung oleh sistem rekomendasi ke setiap pengguna. Rekomendasi ini didasarkan dengan rancangan unik sehingga bisa menyesuaikan dengan beragam individu tertentu. Singkatnya, FYP sendiri memang memungkinkan video untuk terus muncul sebagai rekomendasi di setiap akun.

Cara Kerja FYP

Setelah mengetahui apa itu FYP, pertanyaannya adalah bagaimana cara kerja FYP? Menurut sumber, FYP akan menunjukan sebuah konten pada sekelompok kecil pengguna dengan ketertarikan yang sama. Nantinya, FYP akan membuat sebuah konten muncul terus karena interaksi dari pengguna.

Cara kerja FYP memang sangat unik. Bahkan, algoritma TikTok memang cenderung unik. Berbeda dengan YouTube yang menilai sebuah konten lewat angka, FYP sendiri ingin memberikan pengalaman yang personal bagi para user. Hasilnya, setiap FYP akan berbeda dan hanya konten-konten kualitas tinggi yang akan muncul di semua tipe user.

Hal yang Membuat Video FYP

Ada beberapa faktor yang membuat konten video menjadi FYP. Singkatnya, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi oleh sebuah konten agar bisa masuk pada fitur rekomendasi. Berikut ini adalah faktor-faktornya

  1. Algoritma menilai interaksi pengguna dari mulai jumlah like, share, following sampai komentar yang dibuat oleh setiap user
  2. Informasi video yang mendetil mencakup beberapa hal seperti teks caption, suara dan juga hashtag.
  3. Pengaturan dari akun kreator. Dari mulai preferensi bahasa, negara dan jenis perangkat. Seorang konten kreator Indonesia akan sulit menembus FYP para pengguna Amerika Serikat karena preferensi bahasa masih menggunakan bahasa Indonesia.

Nah itu dia segala hal mengenai fitur FYP. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang pengin tahu mengenai seluk beluk algoritma TikTok.

Bingung cari ide untuk konten TikTok Shop kamu?

Pakai aja jasa Komunitas MEA!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.