5 Keuntungan Akun Profesional Instagram untuk Bisnis

by Fanny
akun profesional instagram

Sebagai pebisnis online, Sobat MEA harus bisa memanfaatkan segala platform untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk. Salah satu caranya adalah dengan membuat akun profesional Instagram yang memiliki berbagai fitur lengkap untuk membantu bisnis Sobat MEA.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu akun profesional Instagram, bagaimana cara mengubah akun personal jadi akun profesional, serta apa saja keuntungan dari akun profesional untuk bisnis. Yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Akun Profesional Instagram?

Mau Tau Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya di sini. Gratis!

Akun profesional Instagram adalah jenis akun yang memang ditunjukan untuk kepentingan bisnis. Ada berbagai fitur tambahan yang tidak terdapat pada akun personal dan bisa Sobat MEA manfaatkan untuk memasarkan produk serta mendapatkan datanya dengan lebih lengkap. Akun profesional Instagram sendiri ada dua jenis, yaitu akun untuk kreator dan akun untuk bisnis. Namun pada kesempatan kali ini, kami hanya akan membahas mengenai akun Instagram bisnis saja.

Dari segi tampilan, akun personal dan akun profesional Instagram memiliki perbedaan. Sobat MEA bisa menampilkan kategori bisnis di halaman profil. Selain itu, Sobat MEA juga bisa mencantumkan link ke website bisnis serta bisa memasukkan kontak bisnis di halaman profil yang akan memudahlan audiens untuk melakukan pembelian produk.

Cara Beralih dari Akun Personal ke Akun Profesional Instagram

Butuh Bantuan Buat Ngonten di Instagram?
Tenang aja! Ada Jasa Kelola Instagram yang diabntu oleh tim berpelangalaman. Klik di sini!

Setelah mengetahui apa itu akun profesional Instagram, sekarang kami akan membagikan bagimana cara beralih dari akun personal ke akun profesional yang bisa Sobat MEA lakukan dengan langkah-langkah mudah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Instagram di perangkat Sobat MEA, kemudian masuk ke profil akun dengan mengklik foto profil yang ada di sebelah kanan bawah.
  • Klik tiga garis horizontal di sebelah kanan atas untuk masuk ke Pengaturan.
  • Pilih menu Settings and privacy.
  • Scroll ke bawah dan temukan menu Account type and tools.
  • Pilih Switch to professional account.
  • Pilih kategori akun profesional yang sesuai dengan bisnis yang Sobat MEA jalankan.
  • Klik Business. Sobat MEA juga bisa memilih opsi Creator jika ingin beralih ke akun creator.
  • Lanjutkan dengan mengisikan informasi bisnis yang lengkap dan ikuti tahapannya sesuai langkah-langkah yang sudah ada.
  • Pastikan semua data dan informasi yang diminta sudah Sobat MEA isikan dengan benar dan tepat agar tidak perlu lagi melakukan edit informasi bisnis.
  • Cara beralih dari akun personal ke akun profesional sudah selesai!

5 Keuntungan Akun Profesional Instagram untuk Bisnis

Mau dapat cuan extra dari Shopee Affiliate?
Yuk daftar ke MCN Shopee MEA sekarang juga. Dapatkan berbagai keuntungannya!

1. Menambahkan Tombol Kontak

Meskipun Sobat MEA sudah menggunakan akun bisnis, namun perlu diingat bahwa Instagram tetaplah aplikasi media sosial dan bukan merupakan aplikasi marketplace. Jadi, audiens tidak bisa melakukan pembelian secara langsung di Instagram.

Tapi tenang aja. Sobat MEA tetap bisa melakukan penjualan dengan mencantumkan alamat website, link ke toko online, alamat toko offline, hingga kontak seperti alamat email atau nomor ponsel agar audiens bisa menghubungi Sobat MEA dan langsung melakukan pembelian. Jadi Instagram gua akan memudahkan audiens untuk mengunjungi halaman penjualan produk Sobat MEA.

2. Menjadwalkan Postingan

akun profesional instagram

Perlu diingat bahwa Sobat MEA harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten agar konten tersebut bisa menjangkau ke sebanyak mungkin audiens dan bisa mendapatkan sebanyak mungkin interaksi. Hal ini bisa Sobat MEA lakukan dengan mengetahui perilaku audiens seperti pada pukul berapa saja mereka aktif membuka Instagram.

Agar tidak kelupaan untuk memposting konten, maka Sobat MEA bisa memanfaatkan fitur Creator Studio for Instagram dan mengatur jadwal posting unggahan. Dengan begitu, konten akan terupload secara otomatis pada waktu yang sudah ditentukan.

3. Lebih Mudah Beriklan

Salah satu fitur dari akun profesional Instagram yang wajib dimanfaatkan adalah fitur iklannya. Di sini, Sobat MEA bisa mengiklankan konten yang sudah ada di profil akun. Jadi, Sobat MEA tidak perlu lagi membuat materi iklan dari awal dan mengiklankannya.

Sobat MEA juga bisa menargetkan iklan berdasarkan demografi audiens yang lebih spesifik seperti dari jenis kelamin, usia, wilayah atau lokasi, latar belakang profesi, dan demografi lainnya. Demografi audiens yang jelas ini akan memudahkan iklan untuk menjangkau audiens yang tepat sehingga biaya iklannya pun bisa ditekan. Banyak-banyak lakukan eksperimen pada target audiens sampai Sobat MEA bisa mendapatkan audiens yang tepat.

Artikel Terkait  SEO untuk YouTube: Cara Kerja Hingga 5 Tips Optimasinya!

4. Fitur Direct Message (DM)

Salah satu hal yang harus dilakukan penjual dalam melayani pembeli adalah membalas pesan dengan cepat dan informatif. Tentu hal ini bisa Sobat MEA lakukan dengan rutin membuka Instagram. Namun tentu saja tidak semua orang memiliki tim admin. Untuk itu, Sobat MEA bisa memanfaatkan fitur automated response yang bisa membantu Sobat MEA untuk membalas atau mengirimkan pesan kepada audiens.

Di sini, Sobat MEA bisa membuat copywriting sendiri untuk isi pesannya seperti sapaan kepada audiens, memberikan informasi mengenai penawaran terbaru, atau jawaban otomatis terkait pertanyaan dari audiens. Dengan begitu, Sobat MEA tidak perlu membuka dan membalas pesan satu per satu.

5. Instagram Insight

Keuntungan dari akun profesional Instagram selanjutnya adalah jenis akun ini juga dilengkapi dengan analytic tool yang disebut dengan Instagram Insight. Dalam fitur ini, Sobat MEA bisa melihat bagaimana performa konten dan akun secara lebih mendetail. Jadi, Sobat MEA bisa mengetahui apakah konten meraih engagement yang tinggi, apakah konten mencapai target audiens yang sesuai, apakah interaksinya bagus, dan informasi lainnya. Dengan begitu, Sobat MEA jadi mengetahui jenis konten mana saja yang performanya bagus dan sesuai dengan kebutuhan audiens.

Sekian pembahasan lengkap mengenai pengertian, cara membuat, serta apa saja keuntungan dari akun profesional Instagram yang bisa kami bagikan. Semoga ulasan ini membantu, ya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment