Whatsapp Marketing kamu Ngga Works? Lakukan Cara Ini!

by admin

Whatsapp adalah platform komunikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Namun banyak pebisnis yang merasa bahwa mengandalkan whatsapp sebagai channel marketing itu nggak worth it!

“Gedein cost tenaga dan waktu doang, tapi cuannya tipiss!”

Hmm… Apa iyaa?

Nyatanya, sebagian besar pebisnis tidak benar-benar melakukan Whatsapp Marketing. Mereka masih menggunakan cara konvensional, kebetulan pakai Whatsapp. Alhasil, hasilnya pun jauh dari maksimal.

Memangnya Whatsapp Marketing itu seperti apa?

Whatsapp marketing itu mencakup semua aktivitas yang dilakukan untuk maintain atau mempertahankan market dengan memanfaatkan channel whatsapp. Aktivitas Whatsapp Marketing bisa sangat bermacam-macam, secara umum mencakup proses pelayanan customer, berkomunikasi berkala secara personal dan grup, dan promosi berkala.

Berikut 5 Trik Jitu supaya WA Marketing kamu beneran Cuan!

1. Dari yang basic, Pahami behaviour target customer menggunakan WA

Tiap channel punya karakter dan behaviour-nya masing-masing. Memahami bagaimana market kamu menggunakan platform whatsapp bisa menjadi panduan untuk kamu melakukan pendekatan cara komunikasi yang lebih tepat.

2. Berhenti habiskan waktu untuk aktivitas yang berulang

Ada berbagai aktivitas yang dilakukan di whatsapp, sebagian besarnya berulang. Dari menjawab pertanyaan customer yang itu-itu lagi, menginfokan program promosi yg sedang berjalan, dan update info berkala.

Padahal, sebagian besar aktivitas yang berulang itu sudah bisa di-automasi dengan kemajuan inovasi sekarang. Dari fitur broadcast untuk kirim pesan ke ribuan orang sekali klik, scheduling pesan WA, dan autoreply berdasarkan keyword yang kamu mau. Semua fitur itu, bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Sebari.

 

3. Lakukan personalisasi

Personalisasi adalah salah satu cara untuk membuat komunikasi di whatsapp lebih efektif. Coba bandingkan, mana yang membuat kamu lebih terpanggil? Panggilan “Kepada warga sekalian…”, atau panggilan namamu? 

Nah, itulah contoh personalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan personalisasi, kamu bisa membuat customer merasa dihargai dan diperhatikan.

 

4. Rutin sapa customer kamu

Rutin menghubungi customer akan membuat mereka merasa diingat dan dipedulikan. Dengan rutin menghubungi customer, kamu juga bisa mengedukasi mereka tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan.

 

5. Track respon marketmu terhadap campaign whatsapp yang kamu jalankan!

Dengan melakukan tracking, kamu bisa mengetahui campaign mana yang berhasil dan mana yang tidak. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa melakukan perbaikan dan inovasi untuk meningkatkan efektivitas whatsapp marketing yang kamu lakukan.

Hal ini bisa kamu lakukan kalau kamu punya cukup waktu untuk itu. 

Semua yang kamu butukan tersebut bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Sebari. Sebari adalah platform multifungsi yang hadir untuk memudahkan kamu dalam menjalankan Whatsapp Marketing.

Manfaat Pakai Sebari