Tutorial Cara Membuat Facebook Ads Untuk Pemula

Cara membuat Facebook Ads – Mungkin kamu berpikir kalau membuat iklan di Facebook tidak akan berpengaruh banyak pada bisnis kamu. Wah kalau pikiranmu kayak gini, kamu salah banget loh sobat MEA. Nyatanya, memasang iklan di Facebook sangat ampuh untuk menaikkan penjualan kamu karena kamu bisa memasang target agar iklan kamu bisa sampai ke orang yang tepat.

Buat kamu yang masih ragu untuk memasang iklan di Facebook Ads, kamu wajib banget baca artikel ini karena kami bakal ajarin kamu cara untuk membuat Facebook Ada. kamu gaptek dan takut nggak ngerti? Nggak perlu kuatir, karena artikel ini disusun dengan penjelasan yang mudah dimengerti sehingga bisa membantu kamu untuk membuat Facebook Ads dengan mudah.

cara membuat facebook ads

Cara membuat Facebook Ads

Pertama-tama, kamu harus membuat akun Facebook. Bisa berupa akun Facebook pribadi atau dengan nama bisnis kamu. Tapi kami sarankan agar membuat akun bisnis agar sinkron dengan Facebook Business Manager. Setelah itu, kamu bisa membuat Business Manager di sini https://business.facebook.com/ kemudian klik Create Account di sebelah kanan atas. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengisi form yang muncul. Ini dia beberapa data yang perlu kamu persiapkan:

  • Nama bisnis, nama kamu, dan email bisnis.
  • Isi juga detail bisnis selanjutnya seperti nomor hp, alamat, dan website. Kemudian pilih juga penggunaan akun bisnis untuk apa, apakah untuk bisnis pribadi atau atau agensi. Setelah itu, kamu akan diminta untuk konfirmasi melalui email.
  • NPWP untuk data. Jika kamu tidak memiliki NPWP, kamu bisa menggunakan NPWP milik anggota keluarga, jadi kamu tidak perlu membuat NPWP sendiri khusus untuk bisnis.
  • Metode pembayaran, bisa melalui Customer Service di bank, atau menggunakan kartu kredit.

Nah setelah mengisi semua data di atas, kamu harus melakukan:

  • Verifikasi domain bisa kamu lakukan melalui dns, file upload, atau tag html.
  • Menghubungkan Instagram ke Facebook agar iklan kamu juga bisa tayang di Promote Instagram. Nanti akan ada button atau tombol di Facebook Business Manager untuk mengaitkan Instagram dan Facebook kamu. Kemudian kamu akan diminta untuk login ke Instagram, dimana kamu hanya perlu memasukkan username dan password akun Instagram kamu.
  • Mengubah WhatsApp kamu menjadi WA Business. Hal ini bertujuan agar kamu semakin mudah mengelola bisnis dimana kamu bisa memasukkan alamat hingga katalog produk kamu, sehingga akan memudahkan konsumen untuk memilih produk.

Tips membuat iklan di Facebook Ads

Selanjutnya adalah mengenai setting atau pengaturan untuk Facebook Ads. Pengaturan Facebook Ads dapat dilakukan melalui Facebook Pixel yang tujuannya adalah untuk menjadi mata-mata online kamu buat tau siapa aja sih yang pernah datang ke website kamu. Facebook Pixel juga berguna untuk menganalisis perilaku dan minat para pengunjung website kamu. 

Kami akan memberikan beberapa tips agar iklan kamu bisa berjalan dengan baik tanpa harus merasakan di banned oleh Facebook. Jika kamu belum tahu, Facebook memiliki peraturan dalam pemasangan iklan seperti tidak boleh overpromising, atau mencantumkan video yang isinya full wajah orang, dan beberapa peraturan lainnya. Jika kamu melanggar salah satu aturan saja, akun kamu bisa di banned atau ditangguhkan dan kamu perlu menunggu beberapa waktu untuk bisa menggunakannya kembali.

Wah, jangan sampai hal itu terjadi kepada kamu ya sobat MEA. Yuk kepoin caranya dibawah ini!

1. Targeting audiens

Pebisnis baik online maupun offline wajib mengetahui dan mampu menentukan target pasar dari produk mereka sendiri. Hal ini akan memudahkan kamu untuk membuat iklan yang tepat sesuai dengan kemauan dan kebutuhan konsumen. Misalnya saja kamu menjual baju untuk anak-anak yang bisa dipakai baik oleh anak perempuan maupun laki-laki. Kalau kamu jual baju anak-anak, apakah kamu mempromosikannya ke anak-anak?
Tentu tidak, dong. Kamu harus bisa mempersuasi orang tuanya. Jadi, buat orang tua si anak untuk mau membeli produk kamu dengan keunggulan yang kamu tawarkan. Nah kamu bisa memilih nih jenis orang tua seperti apa yang ingin kamu tuju sesuai dengan produk kamu. Apakah ibu-ibu muda, atau orang tua yang mencari baju murah, atau orang tua yang mencari baju anak dengan kualitas yang bagus. Kamu harus detail untuk menentukan targetnya.
Jika kamu sudah memiliki website, akan semakin mudah untuk kamu melakukan targeting audiens karena Facebook Pixel sudah membantu kamu dalam melakukan targeting dengan menganalisa perilaku konsumen yang mengunjungi website.

2. Copywriting untuk caption dan gambar/video

Kalau targeting audience sudah selesai, kamu bisa menyusun copywriting untuk caption yang menarik. Perlu diperhatikan bahwa caption yang terlihat di iklan Facebook hanya 100 karakter, sisanya adalah button Read more yang bertujuan untuk menampilkan tulisan selanjutnya. Untuk itu, kamu harus mampu menarik perhatian konsumen sejak 100 karakter pertama.

Cara lain untuk menarik perhatian konsumen adalah dengan memasukkan gambar atau video yang menarik. Buat mereka penasaran dengan isi video yang kamu buat. Pada tahapan ini, sangat dibutuhkan imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Ada sedikit tips nih untuk kamu yang ingin membuat foto atau video iklan yang menarik: cantumkan masalah yang sering dihadapi oleh konsumen, buat mereka merasa bahwa kamu memahami mereka banget. Setelah itu, bisa kamu selipkan jualan kamu.

Mau tingkatin omset dengan bantuan profesional?

Jasa kami menyediakan konsultasi dengan praktisi dan dilengkapi dengan tim profesional

3. Mulai jalankan iklan

Jika sudah selesai, kamu tinggal menjalankan iklannya saja. Kamu hanya perlu menunggu traffic dan engagement berupa like, comment, share, atau kunjungan ke website. Jika sudah demikian, kamu bisa menaikkan konversi.

4. Konversi

Konversi adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan pengunjung yang mengambil tindakan lebih lanjut di website kamu. Bisa berupa follow/subscribe, add to cart, mengisi form, dan lain sebagainya. Untuk bisa menaikkan konversi, kamu perlu menunggu beberapa hari setelah iklan dijalankan untuk memperoleh data yang akurat dari Facebook.

Nah dari data tersebut, kamu bisa mengetahui iklan mana saja yang paling berhasil dan meningkatkan traffic dan engagement hingga meningkatkan penjualan.

Apa langkah selanjutnya?

Apakah sudah selesai sampai disitu saja? Tentu tidak dong sobat MEA. Ada satu lagi hal penting yang harus kamu lakukan agar kamu bisa mendapatkan iklan yang nggak bakal bikin kamu rugi. Yaitu melakukan breakdown iklan Facebook.

Dalam hal ini, kamu harus mengevaluasi iklan yang kamu buat berdasarkan data CTR, content/page view, dan CTM. Jika kamu masih asing dan belum mengerti soal beberapa istilah di atas, kamu bisa membacanya disini. Jika kamu sudah tau iklan mana yang paling sukses, kamu hanya perlu menaikkan budget atau biaya untuk melanjutkan iklan tersebut agar mampu meraih target yang lebih luas.

Selanjutnya jika ada iklan yang performanya buruk, kamu hanya perlu menghentikan dan mematikan iklan tersebut agar tidak membuat budget iklanmu membengkak. Dengan begitu, kamu jadi tau jenis iklan mana yang paling tepat untuk memasarkan produk kamu dan audiens dari kelompok mana yang paling tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Jago ngiklan di FB dan IG dengan cara simpel ini!

Gabung kelas online dari Komunitas MEA dan dapatkan ilmu seputar cara jualan di Facebook dan Instagram!

Ada tahapan lain lagi?

Tentu ada dong! Kamu nggak boleh ketinggalan informasi sepenting ini biar bisnis kamu makin lancar. Kalau kamu pengen makin jago jualan, kamu wajib banget gabung ke kelas kami dan konsultasi bersama praktisi yang berpengalaman di dunia digital marketing.

Kami tunggu di kelas ya!!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *