Trik Jualan di Shopee Biar Untung Terus

Trik Jualan di Shopee – Berjualan di marketplace seperti Shopee yang memiliki banyak sekali saingan memang membutuhkan cara dan trik cerdas agar jualan kamu nggak melempem dan selalu dapet orderan tiap hari. Nah trik jualan di Shopee ini bisa kamu coba agar jualan kamu semakin laris. Tentunya tips ini juga berlaku buat kamu yang baru mulai merintis bisnis online di Shopee, loh!

1. Cari produk yang laris

Kalau kamu mau jualan produk, kamu bisa memilih mau jual produk yang sudah ada di pasar dan sudah ada targetnya. Atau jualan produk baru yang cuma kamu doang ning produsennya. Mungkin kamu bakal langsung tergiur ya buat jadi tipe penjual yang kedua, dan itu wajar banget.

Tapi, kamu juga harus ingat kalau kamu menjual produk yang benar-benar baru, kamu harus mengenalkan produk kamu dari awal dan mampu menjual inovasi yang kamu ciptakan. Kamu juga harus mencari target pasar dari nol agar bisa memasarkan produk kamu. Kalau produk kamu diminati, kamu tidak memiliki kompetitor. Tapi kalau produk kamu tidak memiliki peminat, bisa-bisa kamu gulung tikar. Terus gimana dong solusinya?

Cara pertama adalah kamu bisa mencari tahu produk apa saja sih yang lagi banyak dicari saat ini. Di masa pandemi seperti ini, alat kebersihan adalah yang paling sering dicari. Mulai dari masker, hand sanitizer, hand wash, disinfektan, dan lain sebagainya. Nah kamu bisa memanfaatkan hal ini loh sobat MEA.

Misalnya saja kamu ingin menjual masker kain dengan merek kamu sendiri, tentunya butuh usaha lebih jika kamu hanya ingin menjual masker kain dengan label kamu sendiri. Proses pembentukan brand awareness membutuhkan waktu yang tidak singkat. Untuk itu, kamu juga bisa menjual produk yang sama dengan merek yang sudah lebih dikenal.

Mau jago jualan di Shopee?

Join kelas belajar Shopee bersama Coach ahli!

Misalnya saja, kamu juga menjual masker bedah merk Sensi. Kemudian, untuk mengenalkan produk kamu ke konsumen, kamu bisa memberikan produk kamu secara cuma-cuma sebagai bonus untuk konsumen yang membeli masker Sensi dengan jumlah tertentu. Selain membantu mengenalkan produk, konsumen juga akan merasa senang jika mereka mendapatkan bonus tak terduga. Kemudian akan muncul di mindset mereka bahwa jika beli di toko kamu, mereka akan mendapatkan bonus.

Selanjutnya, jika kamu sudah memiliki produk yang sudah laku, kamu bisa melakukan evaluasi agar penjualanmu semakin tinggi lagi. Ada menu baru di Shopee Seller Centre, yaitu menu Bisnis Saya. Setelah klik menu tersebut, kamu bisa klik Panduan Penjualan untuk mengetahui produk mana saja yang perlu ditingkatkan performanya.

Pada bagian fitur ini, kamu akan diberi saran oleh sistem Shopee mengenai produk mana saja yang kualitasnya sudah bagus dan yang belum. Nah nanti juga akan muncul dimana saja letak kekurangannya dan apa yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas produk kamu.

2. Buat produk kamu mudah dicari dan terlihat menarik

Ketika menjual barang, tentunya kamu ingin agar produk kamu mudah dilihat dan ditemukan oleh konsumen kan. Nah ketika berjualan di Shopee, kamu harus memasang nama produk yang akan langsung ketemu kalau dicari oleh konsumen. Tidak perlu menggunakan nama yang panjang atau terlalu detail untuk nama produk karena itu akan membuat produk kamu sulit ditemukan.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membuat produk kamu terlihat menarik di mata konsumen. Kamu bisa menggunakan foto produk yang jelas dan tunjukkan detailnya agar konsumen bisa merasakan secara visual bagaimana kondisi barang yang kamu jual. Gunakan background foto yang sama untuk semua produk di toko kamu agar semakin terlihat rapi dan enak dilihat.

Kamu juga bisa menggunakan video singkat berisi detail produk, cara pemakaian produk, atau review untuk menunjukkan produk kamu secara lebih jelas. Selain itu, tambahkan deskripsi produk yang jelas dan menjual. Bisa kamu tambahkan detail produk seperti ukuran atau manfaat apa yang akan konsumen dapatkan jika membeli produk kamu.

3. Gunakan fitur “Naikkan Produk”

Ketika produk kamu sudah mulai dikenali oleh pasar, kamu bisa meningkatkan eksistensi produk kamu dengan menggunakan fitur Naikkan Produk di Shopee agar produk kamu muncul di bagian paling atas di tab Terbaru di Shopee. Dan kamu nggak perlu khawatir soal biaya karena fitur ini gratis!

Dengan fitur ini, kamu bisa menaikkan produkmu setiap 4 jam sekali. Jika kamu memiliki banyak produk, kamu bisa menaikkan 5 produk yang berbeda sekaligus dalam satu waktu. Tapi, kami tidak menyarankan kamu untuk melakukan hal itu. Coba naikkan produk kamu dalam waktu yang berbeda. Bisa setiap 40 atau 50 menit sekali misalnya agar ketika iklan produk pertama turun, produk yang kedua masih akan tetap muncul di bagian pencarian paling atas. Dengan begitu, kamu tidak akan kehilangan kesempatan mendapatkan konsumen.

Pengen dapet orderan tiap hari?

Gabung training and coaching agar kamu bisa closing tiap hari!

4. Promosi

Proses selanjutnya adalah kamu bisa melakukan promosi agar produkmu bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Salah satu platform yang bisa kamu coba adalah grup jualan di Facebook. Kamu bisa join dan mempromosikan produk kamu di grup Facebook sesuai dengan jenis produk yang kamu jual. Dan ingat, jual dengan sopan biar nggak disemprot oleh admin!

Promosi juga bisa kamu lakukan melalui sosial media kamu loh sobat MEA. Bisa melalui Instagram, TikTok, atau WA. Karena jaman sekarang, siapa sih yang nggak punya akun sosmed? Jadi, produkmu akan semakin mudah untuk dikenal.

5. Iklan

Nah untuk tahapan ini, kamu perlu mengeluarkan uang lebih untuk membiayai iklan. Dengan membuat iklan yang tepat dan target yang jelas, kamu nggak perlu takut bakal rugi ngiklan karena profitnya akan jauh lebih tinggi!

Iklan bertujuan agar calon konsumen sering melihat produk kamu, dan karena keseringan lihat, lama-lama mereka akan penasaran dan mencari tahu produk apa sih yang sering seliweran di timeline mereka. Nah kamu bisa mendapatkan konsumen dari sana.

Kapan kamu nyobain trik di atas?

Itu dia beberapa trik dan tips yang biasanya kami bagi di Kelas Online Shopee. Jangan sampai ketinggalan informasi menarik seperti ini dari kami dengan gabung di Kelas Online Shopee. Atau, kamu mau pakai jasa kami untuk mengkonsultasikan dan mengatur akun jualan kamu biar lebih laris? Boleh banget! Klik link-nya dibawah ini ya!!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *