Tips Mendapatkan Iklan Murah di Tokopedia

Iklan Murah Tokopedia – Jika kamu adalah Seller di Tokopedia, tentunya kamu sudah tahu bahwa kamu bisa memasang iklan di Tokopedia. Dan bagi kamu yang baru saja bergabung di Tokopedia sebagai Seller atau penjual, kamu wajib mengetahui tentang iklan di Tokopedia. Eits, buat penjual lama, kami juga punya tips menarik agar kamu bisa memasang iklan dengan murah di Tokopedia. Ini bisa langsung dipraktekkan juga untuk kamu para penjual baru di Tokopedia loh!

Seperti yang kita ketahui, memasang iklan adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan agar produk kita mudah dikenali oleh pembeli. Sama saja seperti kamu yang sebelumnya tidak tahu keberadaan suatu brand atau produk, namun karena sering melihat iklan tentang brand dan produk tersebut baik di televisi, sosial media, youtube, atau dimanapun, kamu jadi mulai sadar akan brand dan produk tersebut. Oleh karena itu, iklan berguna untuk menaikkan brand awareness konsumen terhadap brand dan produk yang kita miliki.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang iklan, lebih spesifiknya iklan di Tokopedia yang bisa langsung kamu coba. Simak artikel di bawah ini ya sobat MEA!

Mau jago jualan di Tokopedia?

Gabung Kelas Tokopedia dan jadi Seller favorit konsumen!

Macam-macam iklan di Tokopedia

Mulai 31 Mei 2021, Tokopedia sudah menetapkan level bagi para penjual yang memiliki toko online di Tokopedia. Leven ini terbagi menjadi 4 yang dinilai berdasarkan pendapatan yang didapatkan atau jumlah produk yang terjual dalam jangka waktu tertentu dan diperbarui setiap hari Senin pertama pada setiap bulan, dan berdasarkan data yang ada pada 90 hari terakhir.

Berikut adalah pembagian levelnya:

  • Level 1, jika memiliki pendapatan kurang dari Rp. 350.000,- atau 2 produk terjual.
  • Level 2, jika memiliki pendapatan mulai dari Rp. 350.000,- dan 3 produk terjual.
  • Level 3, jika memiliki pendapatan mulai dari Rp. 10 juta dan 50 produk terjual.
  • Level 4, jika memiliki pendapatan mulai dari Rp. 300 juta dan 1.500 produk terjual.

Lalu, apa hubungannya level toko dengan iklan Tokopedia?

Level toko kamu akan mempengaruhi penggunaan fitur di Tokopedia dimana ada beberapa jenis iklan yang hanya bisa diakses oleh toko dengan level tinggi. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena fitur iklan yang akan kami jelaskan bisa digunakan oleh penjual dengan berbagai level yang akan kami jelaskan di bawah.

Perbedaan iklan toko dan iklan produk

Salah satu iklan yang bisa digunakan oleh semua seller Tokopedia adalah iklan toko dan iklan produk. Berikut kami jelaskan perbedaan keduanya.

  1. Iklan toko

Iklan toko bertujuan agar ketika kamu mengaktifkan fitur ini, toko kamu akan muncul di bagian teratas pencarian sesuai dengan keyword atau kata kunci yang kamu buat. Misalnya saja kamu menjual alat-alat dapur dan salah satu barang yang kamu jual adalah termos. Kemudian kamu memasukkan termos ke dalam kata pencarian. Maka ketika pengguna Tokopedia mengetikkan “termos air panas”, toko kamu akan muncul di bagian paling atas dan Tokopedia secara otomatis akan merekomendasikan mereka agar membuka toko kamu untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Ini dida contohnya.

tips mendapatkan iklan murah di tokopedia

Jika kamu menggunakan fitur iklan toko, maka toko kamu akan muncul di bagian paling kiri seperti yang sudah terlihat pada gambar diatas.

2. Iklan produk

Selanjutnya adalah iklan produk dimana memiliki tujuan yang sama seperti iklan toko. Bedanya, iklan produk akan ditampilkan di bawah iklan toko dan memiliki tanda “Ad” berwarna putih di sebelah kanan bawah di setiap foto produk kamu. Begini contohnya.

tips mendapatkan iklan murah di tokopedia

Iklan produk juga akan muncul secara otomatis jika kamu memasukkan keyword atau kata kunci yang sama dengan yang diketikkan oleh para konsumen.

Cara kerja iklan di Tokopedia

Sebelum menjelaskan mengenai cara memasang iklan yang murah di Tokopedia, kamu harus tahu dulu mengenai biaya untuk iklan toko dan iklan produk di Tokopedia.

Untuk iklan toko, kamu harus membayar iklan per tampil, yaitu sesuai berapa banyak toko kamu dilihat oleh pembeli. Jadi jika iklan toko kamu muncul di tab pencarian pembeli, maka kamu harus membayar untuk itu. 

Sedangkan untuk iklan produk, kamu membayar iklan per klik, dimana kamu harus membayar setiap kali ada pembeli yang meng-klik iklan produk kamu. Jadi walaupun pembeli sudah melihat iklan produk kamu, kamu tidak perlu membayarnya kecuali pembeli tersebut mengklik dan membuka produk kamu.

Untuk biaya iklannya sendiri bisa mulai dari Rp. 12.000,- per 1000 kali tampil untuk iklan toko dan per 1000 kali klik untuk iklan produk. Murah sekali bukan? Jadi, untuk satu kali tampil atau satu kali klik, kamu hanya perlu membayar sebesar 12 perak saja. Murah sekali bukan? Dan kamu bisa membuatnya jauh lebih murah lagi jika kamu mengikuti salah satu tips ini yang juga kami bagikan di kelas Tokopedia kami, loh sobat MEA.

Bingung atur bisnis sendiri?

Gunakan jasa kami agar kamu nggak perlu pusing sendirian!

Cara memasang iklan murah di Tokopedia

Kamu sudah memahami dong bedanya iklan toko dan iklan produk. Dan tentunya kamu juga sudah mengetahui perbedaan keduanya. Nah menurut kamu sendiri, dari segi efektivitas dan keuntungannya, lebih menguntungkan iklan yang mana? Iklan produk atau iklan toko?

Dua-duanya sama-sama menguntungkan untuk bisnis online kamu. Iklan toko membantu agar konsumen semakin mengenali toko kamu. Sedangkan iklan produk membantu konsumen agar langsung menemukan produk yang mereka cari dan bisa langsung membawa mereka ke barang yang kamu jual.

Untuk segi biaya, kamu pasti berfikir bahwa iklan produk lebih menguntungkan karena konsumen secara otomatis sudah mengecek produk kamu dengan membuka iklan yang kamu pasang. Sedangkan iklan toko hanya cukup dilihat dan tampil di bagian paling atas saja, anmum sudah perlu bayar. Nah kami mempunyai tips agar iklan toko kamu bisa menghasilkan sebanyak iklan produk.

Ketika kamu membuat iklan toko, kamu akan diminta untuk mengisi nama iklan toko dan isi konten iklan seperti gambar di bawah.

Pada bagian ini, kamu perlu mengisi nama iklan toko sejelas mungkin. Sedangkan di bagian isi konten iklan bisa membantu menunjukkan produk apa saja yang kamu jual di toko kamu.

Selanjutnya adalah mengisi pesan promosi dimana tidak kalah penting untuk kamu perhatikan.

Jika kamu ingin agar iklan tokomu tidak hanya dilihat tetapi juga di klik oleh konsumen, kamu perlu mengisi bagian ini dengan tulisan yang menarik dan menjawab apa yang dicari oleh konsumen. Misalnya saja kamu menjual peralatan rumah tangga, maka kamu bisa mengisi dengan, “Peralatan rumah tangga yang awet dan berkualitas”. Atau bisa juga diubah dengan menggunakan kalimat lain yang persuasif dan menarik untuk konsumen.

Dengan begitu, iklan kamu tidak akan mubazir jika hanya tampil saja dan tidak mendapatkan CTR apapun dari konsumen. Rata-rata CTR yang bagus adalah diatas 5%. Anggap saja kamu mendapatkan 5% CTR dari iklan yang kamu pasang, itu artinya kamu sudah mendapatkan 600 klik! Dari 600 klik tadi, anggap saja ada 3% yang melakukan pembelian, maka kamu sudah melakukan penjualan sebanyak 18 barang!

Mau dapet uang tambahan sambil rebahan?

Daftar Kelas Afiliasi kami dan dapatkan komisi hingga 30%!

Mudah sekali kan sobat MEA?

Gimana sobat MEA? Gampang dan menguntungkan banget, kan! Kamu bisa mendapatkan tips untuk berjualan di Tokopedia seperti ini dengan mengikuti kelas online kami. Gabung sekarang dan naikkan penjualan kamu di Tokopedia dengan drastis!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *