fbpx
Menu Tutup

Teknik Jualan Untuk UMKM Secara Online

Sepatu Setan 666 Sold Out Ketika Launching, Ini Dia Teknik Sosial Media Marketingnya

teknik sosial media marketing

Teknik Jualan Untuk UMKM – Baru-baru ini ada kejadian heboh, ada orang yang menjual Sepatu Setan dengan tetesan darah manusia di dalam sepatunya. Dahsyatnya lagi penjualannya laris banget bahkan sampe sold out loh.

Sobat MEA sudah tau belum Sepatu Setan 666 ini adalah karya kolaborasi kelompok seni MSCHF dengan rapper Lil Nas X menjadi kontroversi, karena disebut mengandung setetes darah manusia di solnya. Bukan hanya itu, Sepatu Setan 666 ini juga ternyata digugat Nike karena memakai desain Air Max 97s yang di modif dihiasi pentagram perunggu, salib terbalik, dan tulisan “Lukas 10:18”. Lalu, darah siapa yang dipakai kelompok asal New York itu untuk membuat Sepatu Setan 666 itu?

 

teknik sosial media marketing

MSCHF menerangkan bahwa setiap sol gelembung udara di Sepatu Setan 666 ini mengandung 60 cm kubik (2,03 ons cairan) tinta merah dan satu tetes darah manusia. Juru bicara MSCHF mengatakan, darah itu diberikan oleh anggota kolektif mereka sendiri. Tim kreatif mengumpulkan tetesan darah setiap individu selama seminggu menggunakan jarum untuk tes glukosa di rumah, ungkap direktur kreatif MSCHF Kevin Wiesner kepada CNN.

MSCHF mengonfirmasi bahwa Nike tidak terlibat apa pun dalam proyek sepatu setan 666 ini, tetapi raksasa apparel asal AS itu mengeklaim telah terjadi pelanggaran merek dagang NIKE.

 

apa yang bikin sepatu setan ini sold old begitu launching? 

Ternyata karena konsep sepatu ini sangat kontroversial. Konsep sepatunya dengan pemujaan setan. Dan ternyata ada tujuan marketing dibalik kontroversi sepatu setan 666 ini. 

teknik sosial media marketing

Gimana Cara kita melakukan cara seperti itu? Sebetulnya gampang banget. Sobat MEA bisa ikuti cara Teknik Sosial Media Marketing ini.

Teknik Jualan Untuk UMKM Secara Online

1. Membangun Kredibilitas

2. Menarik Pelanggan Potensial

3. Membangun Relasi di Media Sosial

4. Membagikan Konten yang Sesuai

5. Membuat Konten yang Valueable

6. Menggunakan Gambar yang Baik dan Menarik

7. Crowdsource Untuk Konten Menarik dan Otentik

8. Berpartisipasi Dalam Kelompok dan Komunitas

9. Berinteraksi Dengan Follower

10. Fokus Pada Beberapa Platform Sosial Media yang Potensial

Kita bahas Detail untuk penjelasannya ya, sobat MEA harus simak sampe akhir nih…

1. Strategi Sosial MEdia Marketing Membangun Kredibilitas

Membangun kepercayaan untuk suatu bisnis di media sosial tidaklah serumit yang dibayangkan kebanyakan orang. Sobat MEA tidak harus memiliki banyak pengikut atau followers, tapi hanya perlu menghubungkan bisnis sobat MEA dengan orang-orang yang tepat.

Sobat MEA  bisa memulai proses ini dengan membangun brand awareness. Hal yang bisa Sobat MEA lakukan untuk membangun brand awareness yaitu dengan menciptakan visibilitas online yang merupakan representasi dari bisnis Sobat MEA .

Sobat MEA bisa mulai mengembangkan bisnis Sobat MEA dengan menggambarkan identitas brand  secara visual. Sobat MEA juga harus mendesain tampilan website, blog, dan media sosial sesuai dengan jenis bisnis Sobat MEA . Apabila tidak dapat melakukannya sendiri, Sobat MEA juga bisa meminta bantuan kepada desain profesional untuk mendesainkan blog dan website Sobat MEA agar lebih menarik.

2. Menarik Pelanggan Potensial

Strategi media sosial marketing untuk para UMKM  juga bisa dilakukan melalui Facebook, Instagram & TikTok . Media sosial ini bisa Sobat MEA gunakan untuk menarik calon pelanggan baru.

Sebelum melakukan media sosial marketing malalui Facebook, langkah pertama yang harus Sobat MEA lakukan yaitu memastikan setup seotagging pada page Facebook dengan benar. Setelah itu Sobat MEA bisa mengajak teman-teman Facebook untuk menjadi konsumen potensial Sobat MEA.

yang lagi Trend saat ini adalah melakukan strategi sosial media marketing di TikTok. yang perlu Sobat MEA lakukan adalah membuat akun tiktok dan memposting konten-konten yang menarik untuk memBranding usaha Sobat MEA . dari TikTok bisa mendatangkan konsumen-sonsumen yang potensial dan akan menjadi pelanggan potensial Sobat MEA.

Baca Juga : Belajar Tiktok

3. Membangun Relasi Di Media Sosial

Koneksi merupakan hal terpenting dari media sosial. Memiliki koneksi yang bagus akan memudahkan langkah Sobat MEA untuk melakukan pemasaran produk. Sehingga, Sobat MEA harus bisa memanfaatkan media sosial yang dimiliki untuk mulai membangun jaringan dengan pihak-pihak yang berpotensial menjadi konsumen Sobat MEA. 

Sobat MEA harus sering berinteraksi dengan pengguna sosial media lainnya. Misalnya dengan memberikan Like atau meninggalkan komentar di postingan sosial media lainnya. 

4. Membagi Konten Yang di Akurasikan

Media sosial merupakan salah satu tempat dimana akurasi sebuah konten memiliki nilai yang sangat penting. Sehingga Sobat MEA harus bisa menjaga konten agar tetap relevan dan terus berkembang. Proses akurasi sebuah konten juga merupakan proses untuk menemukan konten yang berkualitas dari seluruh website yang nantinya akan Sobat MEA bagikan di media sosial.

Sobat MEA harus bisa memilih konten yang berkualitas dan bermanfaat. Mengakurasikan suatu konten sangatlah penting untuk dilakukan karena memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu dapat meningkatkan rangking SEO pada mesin pencari, membangun bisnis dengan baik, meningkatkan keterlibatan pada media sosial dan menambah jumlah followers.

5. Membuat Konten Valueable

Strategi pemasaran media sosial dikatakan efektif apabila bisa menyeimbangkan antara konten yang dikurasi maupun konten yang dibuat sendiri oleh Sobat MEA . Membuat konten sendiri memang memerlukan usaha yang lebih, tetapi apabila hal tersebut bisa kamu lakukan dengan baik, maka akan dapat meningkatkan traffic terhadap website Sobat MEA . Website akan dikunjungi lebih banyak pembaca, sehingga bisa memperoleh review yang lebih baik.

Sobat MEA harus bisa memastikan bahwa setiap bagian konten yang Sobat MEA buat telah memiliki pesan yang berharga bagi pembaca, sehingga mereka akan mengulang untuk mengunjungi website Sobat MEA. Ciri konten yang valuable yaitu dapat menjawab pertanyaan para pembacanya, dapat menyelesaikan masalah dan memberikan manfaat bagi yang membacanya.

Dengan memposting konten yang valuable, Sobat MEA bisa mendapatkan banyak manfaat seperti reputasi bisnis semakin membaik, ranking SEO semakin tinggi, para influencer akan merekomendasikan konten bisnis Sobat MEA serta membuka peluang bagi bisnis Sobat MEA untuk bisa diliput oleh media.

6. Menggunakan Gambar Yang baik dan Menarik

Penggunaan gambar yang menarik akan dapat menarik perhatian pelanggan dengan cepat. Gambar bisa Sobat MEA gunakan ketika membuat gambaran bisnis dan siapa saja orang-orang yang ada dibelakangnya. Selain itu, Sobat MEA juga dapat menggunakannya untuk mengedukasi pelanggan serta membuat informasi menjadi mudah dicerna bagi pelanggan.

7. Crowdesource untuk konten menarik dan otentik

Hal ini bisa Sobat MEA lakukan dengan membuat hashtag menarik terhadap bisnis Sobat MEA . Hashtag tersebut bisa Sobat MEA gunakan untuk melacak interaksi dengan pelanggan Sobat MEA .

8. Berpartisipasi dalam kelompok dan komunitas online

Sobat MEA  juga bisa bergabung dengan kelompok dan komunitas online. Di komunitas ini, Sobat MEA bisa melakukan diskusi dengan pebisnis lain tentang bisnis yang sedang Sobat MEA jalankan. Di sini Sobat MEA juga dapat bertanya mengenai solusi dari masalah-masalah bisnis yang sedang Sobat MEA alami. Selain itu, kamu juga bisa menularkan pengetahuan bisnis yang Sobat MEA punya ke anggota komunitas yang lain.

9. Menggunakan media sosial sebagai ruang untuk mengadakan percakapan yang menarik

Tidak hanya bisa membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi yang berguna, tetapi media sosial juga membantu Sobat MEA untuk bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Sobat MEA juga bisa menyimpan dokumentasi dari semua aktivitas penting di media sosial.

10. Batasi Platform Media sosial kamu

Salah satu tips yang juga penting untuk diperhatikan oleh bisnis skala kecil yaitu menemukan beberapa platform sosial media, di mana Sobat MEA bisa membangun eksistensi yang kuat di sana. Banyaknya platform yang tersedia akan membuat Sobat MEA sulit untuk membangun keberadaan yang kuat di setiap platform. Menggunakan banyak sosial media tanpa adanya fokus yang jelas juga akan sangat membuang waktu karena tidak akan memberikan hasil apapun.

Tidak ada gunanya, jika Sobat MEA menghabiskan banyak waktu dan sumber daya hanya untuk berinvestasi ke dalam sebuah platform yang hanya sedikit penggunanya. Sobat MEA bisa memaksimalkan usaha pada platform di mana Sobat MEA tahu bahwa pelanggan Sobat MEA banyak yang terlibat aktif didalamnya.

Nah, demikian 10 strategi media sosial marketing yang bisa Sobat MEA lakukan untuk bisnis Sobat MEA . Semoga bermanfaat!

Supaya sobat MEA bisa belajar lebih detail tentang Teknoik marketing di sosial media tiktok, sobat MEA perlu belajar lebih detail di kelas TikTok Premium klik tombol biru di bawah ini ya …

Nah sobat MEA juga berkesempatan untuk mengikuti kelas Shopee secara Gratis loh… klik disini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *