Mau Tau Cara Beriklan di Shopee? Kepoin Caranya Di Sini!

Cara beriklan di Shopee – Iklan bukan lagi hal baru jika sobat MEA sudah terbiasa berjualan di marketplace atau sosial media. Bahkan, iklan ini adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Loh, kok gitu?

Jadi, tujuan sobat MEA membuka toko di marketplace seperti Shopee adalah untuk berjualan, kan? Dan pastinya sobat MEA juga pengen agar jualannya laris juga dong? Nah salah satu syarat penting dari jualan bisa laris adalah dengan adanya pembeli. Disitulah iklan Shopee berperan, yaitu untuk mendatangkan konsumen. Karena tujuan dari iklan adalah untuk mendatangkan konsumen.

Jadi udah paham ya kenapa sobat MEA harus mempertimbangkan untuk memasang iklan di Shopee? Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai berbagai macam jenis iklan di Shopee dan cara beriklan di Shopee. Simak artikelnya sampai selesai, ya!!

Yuk Belajar Cara Beriklan Di Shopee

Dengan Mengikuti Kelas Shopee Premium Yang Akan Banyak Membahas Tentang Teknik Mengenai Cara Berjualan Di Shopee

Jenis-jenis Iklan di Shopee

Sebelum membahas tentang cara beriklan di Shopee, sobat MEA perlu tahu dulu nih jenis-jenis iklan di Shopee biar bisa milih jenis iklan mana yang kira-kira cocok untuk toko sobat MEA. Ini dia jenis-jenis iklan di Shopee.

  • Iklan Toko

Iklan toko adalah jenis iklan untuk mempromosikan toko sobat MEA. Jadi, nanti toko sobat MEA akan muncul di pencarian paling atas jika konsumen mengetikkan nama produk yang berada di dalam toko sobat MEA. Sehingga, meskipun konsumen hanya mencari satu produk saja, sobat MEA bisa mempromosikan produk lain di dalam toko sobat MEA sekaligus.

Tapi, sobat MEA tetap harus menentukan kata kuncinya yaaa.

  • Iklan Produk Serupa

Saat sobat MEA membuka suatu produk dan scroll sampai bawah, pasti sobat MEA menemukan produk-produk lain yang mirip, kan? Nah, itu lah penempatan iklan produk serupa. Jenis iklan ini ibaratnya membajak traffic dari toko lain karena sobat MEA bisa menarik konsumen toko lain dengan menggunakan iklan ini.

Konsumen akan lebih tertarik membeli produk sobat MEA daripada produk di toko kompetitor jika rating, jumlah penjualan, dan review di toko sobat MEA lebih tinggi. Jadi, pastikan sobat MEA memiliki rating bagus dan penjualan yang banyak sebelum memasang iklan ini, ya!!

  • Iklan Kata Kunci

Jenis iklan ini adalah iklan yang paling menarik karena sobat MEA harus memasukkan kata kunci tertentu yang sesuai dengan kategori produk yang ingin

diiklankan. Misal sobat MEA menjual pashmina plisket, nanti sobat MEA bisa memasang kata kunci seperti jilbab, pashmina, hijab, jilbab plisket, pashmina plisket, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan produk sobat MEA.

Kenapa harus pasang lebih dari satu kata kunci? Agar konsumen tetap bisa menemukan produk sobat MEA walaupun mereka mengetikkan jenis produk yang sangat umum seperti “jilbab” atau mengetikkan nama produk yang spesifik sekali seperti “pashmina plisket warna hijau army”. Jadi, sobat MEA tidak akan kehilangan konsumen dengan mudah dan produk sobat MEA akan muncul di tab terbaru pada bagian paling atas.

Nah, udah tau kan tentang jenis-jenis iklan di Shopee? Saatnya kami kasih tau cara beriklan di Shopee, nih.

Masih Penasaran Sama Kelas Shopee Premium ?

Yuk tanya - Tanya aja dulu tentang jasa iklan di shopee terbaik di indonesia dari Komunitasmea

Cara Beriklan di Shopee

Ini dia beberapa tahapan yang harus sobat MEA lakukan untuk beriklan di Shopee:

  • Setelah itu, masuk ke menu Promosi Saya dan klik Iklan Shopee
Cara Beriklan di Shopee
  • Setelah itu, klik + Buat Iklan Baru
  • Kemudian akan muncul pilihan Iklan Pencarian dan Iklan Produk Serupa
  • Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang Iklan Pencarian ya, jadi kami memilih iklan pencarian yang kemudian akan muncul tampilan seperti ini.
  • Dalam Pengaturan Dasar ini, sobat MEA diminta untuk memilih Tipe Promosi untuk iklan produk atau iklan toko. Modal bisa dipilih Tanpa Batas atau Tentukan Modal. Modal Tanpa Batas berarti iklan sobat MEA akan tetap berjalan selama masih ada saldo. Sedangkan jika sobat MEA memilih Tentukan Modal, maka iklan akan berjalan sesuai dengan jumlah saldo yang sobat MEA masukkan. Jika saldo habis, maka iklan akan berhenti dengan sendirinya.
  • Untuk periode iklan, sobat MEA juga bisa menentukan sendiri apakah mau Tanpa Batas Waktu atau Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai. Untuk iklan yang tanpa batas waktu, iklan akan berjalan sendiri selama saldo masih ada. Tapi jika sobat MEA hanya ingin memasang iklan untuk jangka waktu tertentu, sobat MEA bisa menentukan periodenya. Periodenya sendiri minimal 1 minggu ya.
  • Setelah itu, sobat MEA bisa menentukan produk apa saja yang ingin diiklankan di Pengaturan Produk. Bisa 1 produk saja, bisa juga untuk banyak produk hingga 50 produk. Tapi, produknya harus di kategori atau jenis yang sama ya biar sobat MEA lebih mudah menentukan kata kuncinya.
  • Jika sudah menentukan produknya, sobat MEA bisa menentukan kata kunci.

Seperti yang bisa sobat MEA lihat, sobat MEA bisa memilih kata kunci secara otomatis atau manual. Jika Pilih Otomatis, maka sistem dari Shopee yang akan merekomendasikan kata kunci untuk iklan pencarian sobat MEA. Tapi jika sobat MEA memilih Pilih Manual, maka sobat MEA perlu memilih kata kunci sendiri. 

Tapi kami sarankan sobat MEA untuk memilih kata kunci secara manual agar sobat MEA bisa memilih kata kunci sendiri yang sekiranya lebih tepat dan bisa atur budget sesuai keinginan dan kemampuan sobat MEA.

Harga tiap SKU atau harga tiap satu produk bisa mulai dari 2.500 rupiah saja. Murah banget, kan?

  • Selanjutnya, sobat MEA bisa menentukan maunya produk muncul di sebelah mana aja di Shopee.
  • Terus tinggal jalanin iklannya deh!

Nggak ribet, kan?

Itu dia tahapan cara beriklan di Shopee. Jika iklan sudah berjalan, sobat MEA juga tetap butuh melakukan evaluasi iklan secara rutin agar biaya iklan juga nggak boncos dan tetap bisa mendatangkan sebanyak mungkin konsumen.

Mau tau caranya buat evaluasi iklan di Shopee? Pantengin terus artikel kami ya! Atau mau gabung ke kelas Shopee aja buat belajar lebih banyak soal cara jualan dan cara beriklan di Shopee? Bisa juga!

Nggak ada waktu buat belajar cara beriklan di Shopee?

Tenang aja! Komunitas MEA menyediakan jasa mulai dari manajemen akun Shopee hingga jasa iklan Shopee. Mau? Klik link yang sudah kami berikan di atas, ya!!

You May Also Like

About the Author: Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *