Ini Dia Tips Live di Shopee Buat Kamu Biar Nggak Kena Pelanggaran!

Tips Live di Shopee – Jualan secara online terutama melalui marketplace sering dianggap sebagai cara jual-beli yang mandiri. Pembeli mencari sendiri dan membaca setiap deskripsi produk dari toko ke toko untuk membeli produk yang mereka mau. Sedangkan penjual berusaha memaksimalkan tampilan foto toko, foto produk, hingga deskripsi produk untuk menarik minat konsumen. Seperti sebuah interaksi yang dingin, kan?

Nah, gimana kalau sekarang sobat MEA sebagai penjual bisa menawarkan produk sobat MEA secara langsung ke konsumen di Shopee? Iya, kayak kalau kita menawarkan produk gitu di pasar offline. Emang bisa ya?

Sebagai penjual online di Shopee, pasti sobat MEA nggak asing dengan fitur Shopee Live, dong? Jadi dengan menggunakan Shopee Live, sobat MEA bisa menjelaskan sekaligus menawarkan produk tertentu atau bahkan semua produknya. Sobat MEA juga bisa berinteraksi secara langsung dengan calon konsumen dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka melalui tab komentar, loh!

Seru banget, kan? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail mengenai tips live di Shopee agar live streaming sobat MEA bebas dari pelanggaran dan bisa mendapatkan banyak penonton. Yuk ikuti tips live di Shopee ini biar sobat MEA bisa mendapatkan exposure yang tinggi dan bisa melakukan semakin banyak penjualan!

Tips Live di Shopee :

Karena ada banyak sekali penjual yang juga melakukan Shopee Live, maka sobat MEA harus punya strategi yang pas nih agar dapat menarik calon pembeli untuk menonton live streaming yang dilakukan sobat MEA. Jangan sampai kalah saing saat live dengan kompetitor. Ini dia beberapa tips live di Shopee yang bisa sobat MEA coba:

Hindari konten yang dilarang

Untuk melakukan live streaming di Shopee, memang ada beberapa peraturan yang harus diikuti agar live streaming sobat MEA tidak kena pelanggaran. Kalau kena pelanggaran pas live di Shopee, terus gimana? Sobat MEA bisa mendapatkan notifikasi kalau kena pelanggaran. Bahkan, sistem Shopee bisa langsung menghentikan live streaming yang dilakukan sobat MEA.

Nggak mau kan ini terjadi? Ini dia beberapa konten yang dilarang untuk live di Shope

tips live

Memang sedikit ketat, tapi kalau dilihat lagi, alasannya masuk akal banget, kan? Sobat MEA juga pasti bakal nggak nyaman kalau jadi penonton live di Shopee yang isi kontennya tentang hal-hal yang mengandung pornografi, ajakan untuk tindakan kriminalitas, isinya ujaran kebencian, atau bahkan konten yang berisi kekerasan.

Tentunya peraturan ini dibuat untuk membuat penjual dan pembeli sama-sama nyaman dan merasa aman selama live streaming.

Gunakan peralatan yang memadai

Untuk melakukan live, wajib banget pakai peralatan yang memadai agar live streaming sobat MEA tidak mengalami kendala. Ini dia beberapa saran peralatan untuk digunakan saat live di Shopee:

Penggunaan handphone dengan resolusi kamera yang baik akan membantu konsumen melihat produk dengan lebih jelas dan mendetail, sehingga konsumen bisa melihat warna, tekstur, ukuran, dan detail produk lainnya secara nyata. Gunakan juga tripod agar posisi handphone bisa tetap tenang dan tidak mengganggu selama live di Shopee.

Selanjutnya, pastikan juga koneksi internet sobat MEA selalu stabil selama melakukan live streaming. Jika koneksi internet tidak lancar, dapat membuat live streaming menjadi terputus-putus. Setelah itu, bisa menyebabkan audio menjadi tidak jelas dan sobat MEA bisa terkena pelanggaran. Untuk menghindari hal tersebut, sobat MEA bisa menggunakan headset agar suara selalu jelas.

Tentukan tema yang menarik

Buat juga tema yang menarik yang membuat orang-orang ingin klik dan menonton live streaming yang dilakukan oleh sobat MEA. Saat ingin membuat judul live di Shopee, bayangkan sobat MEA adalah penonton, dan bayangkan kalau copywriting judul dibuat menjadi A, apakah akan menarik sobat MEA untuk mengklik live tersebut? Atau malah membuat sobat MEA scroll dan melihat live yang lain?

Ada beberapa tema live streaming yang bisa sobat MEA jadikan referensi, nih:

Nah, untuk review produk ini bisa sobat MEA buat judulnya menjadi “Kamera Andalan Buat Jalan-jalan” dan lain sebagainya. Judul ini akan menarik konsumen yang memiliki hobi jalan-jalan sambil hunting foto.

Untuk rekomendasi juga bisa sobat MEA buat menjadi “Rekomendasi Peralatan Olahraga Murah dan Awet” dan lain sebagainya. Nah untuk tips and trik ini bisa macem-macem banget, misalnya “Tips & Trik Rawat Pashmina Plisket” atau “OOTD Pakaian Untuk Para Hijabers” dan lain sebagainya.

Atau kalau saat live streaming sobat MEA ingin bagi-bagi voucher, bisa juga masukkan ke judul live menjadi “Nonton Rekomendasi Dimsum Sambil Bagi-Bagi Voucher/Koin Shopee!” Judul ini akan menarik bagi pecinta dimsum dan orang-orang yang ingin mendapatkan voucher atau koin Shopee.

Durasi live di Shopee

Untuk jangka waktu live itu sebaiknya berapa lama, sih? Standarnya, waktu untuk live di Shopee adalah 1-2 jam. Kenapa gitu? Ini dia alasannya

Yang perlu diingat saat melakukan live di Shopee adalah bawah penonton bisa dengan mudah berpindah-pindah dari satu live streaming ke yang lain. Penonton juga tidak mungkin hanya stay di 1 live streaming saja. Apalagi jenis penonton yang fakir koin dan menonton live hanya untuk mendapatkan koin Shopee secara gratis.

Jadi, jika sobat MEA hanya melakukan live streaming kurang dari 1 jam, bisa membuat kurangnya jumlah penonton yang ingin mampir ke live sobat MEA. Selain itu, informasi juga kurang tersampaikan. Namun jika live dilakukan selama 2 jam lebih sedangkan produk yang ditawarkan hanya sedikit, akan membuat penonton menjadi bosan dan pindah ke live lain, deh.

Tapi, kami pernah melakukan live hingga 3 jam lebih dan performanya masih bagus. Kok bisa? Karena produk yang kami tawarkan saat live ada banyak macamnya sehingga bisa review satu per satu. Selain itu, live tetap berjalan karena masih ada 70an penonton yang masih setia melihat live streaming kami. Jadi, jumlah produk dan jumlah audience bisa mempengaruhi durasi live di Shopee, ya!

Siapkan stok produk dan insentif untuk penonton

Sebelum memulai live di Shopee, pastikan stok produk sobat MEA masih ada banyak, ya. Karena kalau stoknya hanya 10 barang saja misalnya, sedangkan ada 50 orang yang ingin melakukan checkout, sayang vanget dong yang 40 orang tidak bisa checkout. Sobat MEA jadi rugi karena hanya bisa melakukan 10 penjualan, konsumen juga rugi nggak jadi beli.

Jangan melakukan live streaming jika produk sobat MEA juga tidak mudah di stok ulang. Karena akan menyulitkan ketika produk sudah habis saat live. Jadi, pastikan stok produk selalu tersedia, ya!

Untuk semakin meningkatkan minat penonton, sobat MEA bisa menambahkan bagi-bagi voucher atau koin Shopee untuk penonton dengan syarat-syarat tertentu. Misalnya mereka akan mendapatkan voucher jika menonton live lebih dari setengah jam, atau mendapatkan voucher setelah checkout, dan lain sebagainya.

Udah tahu kan tips live di Shopee-nya?

Sobat MEA bisa langsung evaluasi live streaming yang lama dengan melihat tips-tips kami di atas. Jangan lupa untuk melakukan tips live di Shopee yang sudah kami jabarkan di live streaming selanjutnya ya!

Gabung Kelas Shopee dari Komunitas MEA biar sobat MEA bisa makin jago jualan di Shopee! Nggak punya banyak waktu? Pakai Jasa Shopee dari kami aja dan sobat MEA tinggal duduk santai sambil menikmati hasil!

You May Also Like

About the Author: Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *