Ini Dia Rahasianya Biar Iklan Untung Banyak di FB Ads

Rahasia Iklan Untung Banyak di FB Ads – Membuat iklan adalah salah satu hal esensial dan penting yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis untuk memperkenalkan produk dan brand mereka ke semakin banyak orang. Selain itu, iklan bertujuan untuk membangun brand awareness atau membangun kesadaran masyarakat akan suatu brand atau produk yang dijual. Semakin orang terbiasa melihat suatu iklan, makan orang tersebut akan semakin ngeh atau sadar akan produk atau brand tertentu.

Brainstorming Bikin Iklan

Rahasia Iklan Untung Banyak di FB Ads – Pembuatan iklan tidak bisa dilakukan sembarangan. Iklan juga perlu dibuat dengan kemasan cerita, animasi, dan informasi yang menarik, berbeda, dan unik dari iklan lain sehingga akan lebih mudah untuk dikenali oleh masyarakat. Semakin berbeda, semakin mudah dikenali. Mau iklan yang lucu, kelewat serius, atau nggak nyambung sekalipun, pasti akan lebih mudah dikenali oleh masyarakat daripada iklan yang biasa saja.

Rahasia Iklan Untung Banyak di FB Ads – Salah satu contohnya adalah iklan susu Bear Brand yang merupakan produk susu sapi, dengan logo beruang, namun di iklannya digambarkan oleh naga yang mampu menghilangkan bibit penyakit dalam tubuh. Iklan ini membingungkan namun justru itu yang akan selalu diingat oleh masyarakat. Tidak hanya itu, bahkan susu Bear Brand dipercaya mampu menyembuhkan Covid-19 dikarenakan tagline mereka yang berupa, “Bear Brand, Rasakan Kemurniannya!” hingga membuat banyak masyarakat melakukan panic buying beberapa waktu yang lalu dan membuat kosong stok susu Bear Brand di beberapa daerah.

Rahasia Iklan Untung Banyak di FB Ads – Atau kamu juga bisa membuat tagline atau copywriting iklan yang menarik seperti tagline dari Teh Botol Sosro berupa, “Berbukalah dengan yang manis” sebagai tagline kampanye mereka di bulan Ramadhan 2014. Dan apa yang unik dari tagline ini? Banyak yang menggunakan tagline tersebut sebagai anjuran untuk berbuka puasa, bahkan tidak sedikit yang mengira bahwa itu adalah sunnah atau hadits! Wah, keren banget kan? Bikin tagline yang keren dan menarik sampai dikira sunnah nabi.

Tentunya, untuk membuat iklan yang menarik dan mudah diingat tersebut membutuhkan brainstorming yang bukan main. Tidak ada yang salah jika kamu membuat iklan yang biasa saja dengan konsep simpel namun tetap mampu menyampaikan keunggulan dan isi dari produk yang kamu tawarkan. Namun, kamu sendiri loh yang akan merasakan manfaatnya jika iklan yang kamu buat mampu seberhasil iklan susu dan iklan teh diatas.

Biaya Pembuatan Iklan

Seperti yang kita ketahui, biaya untuk membuat iklan tidaklah murah. Apalagi iklan dengan wujud visual seperti kedua iklan di atas. Iklan yang hanya berbentuk tulisan saja juga membutuhkan biaya, apalagi iklan di televisi.

Nah untuk kamu yang merupakan pebisnis online apalagi yang baru merintis namun pengen produkmu dikenali oleh banyak orang, kamu bisa menggunakan fitur di Facebook, yaitu Facebook Ads untuk mengiklankan produk atau brand kamu. Dalam fitur ini, kamu bisa menentukan target siapa yang saja bisa melihat iklanmu agar produkmu sampai ke audiens yang tepat. Mengapa demikian?

Bayangkan misalnya kamu suka memasak dan hobi membeli peralatan dapur. Tapi iklan yang sering muncul di beranda kamu adalah iklan alat-alat menjahit. Apakah kira-kira kamu akan berminat untuk membeli produk tersebut? Tentu tidak karena itu bukan barang atau produk yang kamu butuhkan atau inginkan. Kira-kira begitulah fungsi membuat iklan di Facebook Ads, yaitu selain membantu iklanmu dilihat dan menjangkau semakin banyak audiens, juga akan mengantarkan iklanmu ke kelompok orang yang kira-kira akan membeli produk yang kamu tawarkan. Sehingga iklan yang kamu buat akan tepat sasaran dan tidak membuatmu rugi sudah mengiklan.

Ngomong-omong soal rugi ngiklan, kamu perlu tahu nih biaya untuk membuat iklan di Facebook Ads. kamu bisa memasang iklan di Facebook Ads dari harga Rp. 10.000,- saja loh! Mau ngiklan dengan harga lebih? Bisa banget! Tapi jika kamu baru merintis bisnis dan nggak mau kehabisan banyak uang hanya untuk ngiklan, kami sarankan agar kamu memulai biaya iklan dari biaya yang rendah dulu. Jika iklanmu menghasilkan penjualan, maka bisa kamu naikkan lagi biaya iklan di Facebook Ads agar bisa meraih semakin banyak audiens.

Mau dapetin uang sambil nyantai?

Gabung Kelas Afiliasi Komunitas MEA dan dapatkan komisi hingga 30%!

Cara Iklan Untung Banyak di FB Ads

Biaya iklan semakin lama akan semakin banyak jika iklan pertama yang kamu buat tidak menunjukkan hasil yang bagus. Menaikkan jumlah biaya iklan bertujuan agar iklan kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Namun jika kamu hanya menambah biaya iklan terus menerus tanpa melakukan evaluasi terhadap iklan yang kamu buat, kamu bisa rugi terus loh sobat MEA.

Untuk itu, kamu harus menganalisa iklan kamu yang mana sih yang paling bagus performanya dan bisa menghasilkan CTR yang tinggi. Hal ini bertujuan agar kamu tidak membuat iklan yang gitu-gitu aja dan biar audiens nggak bosen sama iklan kamu. Ini disebut juga dengan Facebook Ads Breakdown. Ini dia hal-hal yang bisa kamu lakukan:

1. Ketahui mayoritas pembeli

Yang pertama adalah kamu harus membuat data mengenai jenis iklan mana yang mendatangkan paling banyak CTR atau pembeli. Seleksi berdasarkan daerah atau domisili, gender, umur, latar belakang pekerjaan, dan lain sebagainya. Hal ini bisa membuat kamu semakin mengetahui target pasar mana yang paling tepat untuk memasarkan produk kamu. Dengan begitu, audiens untuk iklanmu selanjutnya bisa lebih spesifik dan lebih tepat sasaran.

2. Iklan yang paling menjual

Setelah mengetahui mayoritas pembeli datang dari kelompok mana, kamu bisa menggunakan data tersebut untuk pembuatan iklan selanjutnya. Dengan begitu, performa iklan kamu akan semakin meningkat. Jika iklanmu sudah bagus dan menguntungkan, kamu bisa menambah biaya iklan agar mampu menjangkau semakin banyak audiens.

Namun, semakin banyak audiens juga memberikan tantangan tersendiri karena bisa berbeda hasilnya dengan kelompok audiens yang pertama. Untuk itu, kamu memang perlu rajin melakukan breakdown iklan Facebook Ads. 

3. Tiru pengiklan lain

Kalau kamu sudah buntu inspirasi dan nggak punya ide untuk konsep iklan baru, kamu bisa ATM alias amati, tiru, dan modifikasi iklan milik brand lain yang produknya sejenis dengan produk kamu. Kamu bisa melihatnya di Galeri Iklan Facebook yang menunjukkan iklan dari berbagai macam brand dan iklan mereka yang mana yang masih berjalan. Kamu bisa mengeceknya disini https://www.facebook.com/ads/library/?active_status=all&ad_type=all&country=ID&media_type=all

Bingung caranya naikin engagement?

Gunakan jasa agensi kami dan kamu tidak perlu lagi bingung soal traffic dan engagement

Mau dapet tips lain seperti ini?

Gimana sobat MEA? Gampang dan murah banget kan caranya buat ngiklan di Facebook Ads? Jika kamu melakukannya dengan benar, kamu bisa mendapatkan untung yang berlipat! Jangan lewatkan informasi dan tips menarik seperti ini dari kami dengan gabung di Kelas Online dari Komunitas MEA ya! See you in class!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *