Ingin Memulai Bisnis Tanpa Modal? Ini Solusinya!

ingin memulai bisnis tanpa modal ini solusinya

Bisnis Tanpa Modal – Tidak sedikit orang yang ingin memulai bisnis sendiri. Kadang hal ini membuat beberapa orang heran, kenapa sih pada pengen punya bisnis sendiri?

Alasan mengapa orang ingin menjalankan bisnis

Ada banyak alasan mengapa orang ingin memulai bisnis sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ekonomi

Apakah menurutmu orang yang ingin berbisnis adalah yang sudah memiliki kondisi keuangan yang stabil? Nyatanya, tidak sedikit orang yang tidak memiliki pekerjaan pun tertarik untuk memulai bisnis. Kok bisa? Nanti akan kami bahas lebih lengkap di bawah tentang bisnis tanpa modal.

  • Mandiri secara finansial

Kemandirian finansial yang dimaksud adalah mampu menentukan sendiri berapa banyak pengeluaran untuk bisnis dan berapa penghasilan yang diinginkan.

  • Kebebasan

Dengan memiliki bisnis sendiri, kamu tidak terikat kontrak, bebas mau kerja berapa jam dalam sehari, bebas mengembangkan kreasi, dan tidak perlu mengikuti aturan dari siapapun.

  • Bekerja di tempat sendiri

Kamu bahkan tidak perlu memiliki kantor jika bisnismu masih bisa dilakukan di rumah. Menyenangkan sekali bukan?

Poin-poin di atas terlihat menggiurkan dan mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, kamu tetap harus memenuhi beberapa syarat sebelum memulai bisnis, seperti niat, dagangan yang ingin ditawarkan, dan tentu saja modal.

Daftar sekarang

Kendala utama dalam memulai bisnis: Modal

Biasanya, orang-orang mundur dari keinginan untuk memulai bisnis setelah sadar bahwa mereka tidak memiliki modal yang mencukupi. Modal bisa dipinjam, tapi dengan begitu kamu ada tanggungan untuk mengembalikan uang di beberapa bulan pertama dalam menjalankan bisnis. Dan itu adalah tanggung jawab yang cukup berat untuk pebisnis pemula.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, sobat MEA.

Ada beberapa alternatif bisnis yang bisa kamu mulai  tanpa modal!

  1. Dropshipping

Dropshipping adalah jenis bisnis dimana kamu menjualkan produk orang lain. Salah satu kelebihan menjadi dropshipper adalah kamu tidak perlu membeli produk dari supplier terlebih dahulu, jadi kamu tidak perlu menyetok barang di tempatmu.

Untuk proses pembayarannya sendiri bagaimana? Kan kita nggak ada barangnya?

Di sini bagian menariknya. Kamu hanya perlu menawarkan produk supplier lewat mana saja. Bisa melalui marketplace, atau promosi melalui sosial media.

Nanti, supplier akan mematok harga sekian, dan kamu bisa mematok harga sedikit lebih tinggi untuk ditawarkan kepada pembeli.

Untuk pembeliannya, pembeli akan memesan melalui sosial media yang kamu gunakan, kemudian mereka akan membayarkannya ke kamu. Setelah itu, kamu membayarkan ke supplier sesuai harga awal, dan nanti supplier yang akan mengurus proses pengiriman barang untuk sampai ke rumah pembeli.

Mudah bukan? Sama sekali nggak butuh modal!

Karena caranya yang mudah, bukan berarti jadi dropshipper adalah hal yang mudah, ya sobat MEA.

Kendala dalam dropshipping

Supaya kamu punya bayangan untuk menghadapi tantangan menjadi dropshipper, berikut kami rangkum beberapa tantangan yang biasanya dihadapi:

  • Mencari supplier terpercaya

Kenapa harus memilih supplier yang terpercaya? Agar nantinya, ketika bisnis dropship-mu sudah berjalan, kamu tidak akan mendapatkan komplain dari pelanggan.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah produk dari supplier ini berkualitas, kamu bisa mencoba memesan beberapa produk mereka dan kamu coba terlebih dahulu. Hal ini juga memudahkanmu untuk memberikan deskripsi produk.

  • Reputasi 

Jika ternyata barang yang kamu jual ternyata tidak cocok dengan foto yang dikirimkan oleh supplier, atau ada barang yang rusak, atau hilang dalam proses pengiriman, maka kamu juga yang akan mendapatkan nama buruk.

Inilah pentingnya mencari supplier yang terpercaya agar reputasi kedua belah pihak dapat diselamatkan.

  • Banyak saingan

Karena dropshipping merupakan salah satu bisnis yang mudah dilakukan, tentunya tidak sedikit orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini. Semakin banyak yang menjadi dropshipper, maka peluangmu untuk menjadi dropshipper semakin kecil.

  • Keuntungan yang tidak menentu

Tidak ada yang bisa menjanjikan kamu akan mendapat berapa pembeli dalam sehari. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari teknik melakukan dropshipping agar bisa melewati kendalanya. 

  • Afiliasi

Afiliasi merupakan jenis bisnis online dimana kamu menjual produk digital secara digital pula. Program ini akan memberikanmu komisi apabila kamu mampu membuat orang lain untuk membeli atau menggunakan produk yang kamu tawarkan. Komisi yang akan kamu dapatkan pun berbeda-beda, tergantung kebijakan atau kesepakatan dengan perusahaan.

Sebelum kami bahas lebih lanjut, kamu perlu tahu cara melakukan program ini.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar terlebih dahulu ke dalam program afiliasi di sebuah perusahaan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan kode referral yang unik dan berbeda bagi setiap pendaftar. Kemudian, kamu hanya perlu membagikan link dan kode tadi melalui website atau sosial mediamu.

Nah, kode yang disebutkan tadi berguna untuk mengetahui pembeli produk masuk lewat penawaran yang mana. Akan ketahuan nantinya jika pembeli masuk melalui link yang kamu bagikan.

Ingin dapat uang/komisi lebih banyak? Kamu bisa mendaftar di banyak program afiliasi, loh!

Tertarik! Weits, tunggu dulu. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum ikut program afiliasi dan kamu bisa mulai membayangkan harus melakukan apa.

Kendala dalam afiliasi

  1. Cari produk digital yang kredibel

Seperti dropshipping, kamu juga harus yakin bahwa produk yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang baik. Meskipun produknya berupa produk digital, justru itu yang membuat orang lain berpikir dua kali sebelum membeli. Yang ada di benak pembeli adalah, “Ah, masa gue beli tapi nggak ada barangnya? Cuma ebook sama video doang? Moga aja worth it.”

Nah, kamu bisa mencoba membeli beberapa produk dan rasakan sendiri agar kamu bisa memberikan review dan deskripsi yang tepat untuk produk tersebut. 

  1. Belajar online/digital marketing

Ini tidak akan menjadi kendala jika untuk kedepannya, kamu ingin melanjutkan dengan membuka bisnis online sendiri. Yaaaa anggap saja nyicil ilmu dulu, lah. 

  1. Perlu kesabaran

Keberhasilan dalam program ini tidak dapat diraih secara instan. Kamu perlu strategi marketing juga untuk memaksimalkan jumlah pembeli. Jika kamu adalah orang yang sabar, program ini sangat cocok untukmu.

Untuk mengatasi kendala di atas, kamu bisa coba gabung dengan Kelas Afiliasi Gratis kami.

Daftar sekarang

Kelas Shopee Gratis

Yuk Mulai Bisnis Online Kamu dan Gabung Dengan Kelas Kami Agar Usahamu Untung Terus

You May Also Like

About the Author: Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *