Dapetin Konsumen dengan Broadcast Chat Tokopedia

Broadcast Chat Tokopedia – Mendapatkan konsumen dan jualan laris adalah keinginan terbesar dari setiap penjual, baik penjual offline maupun online. Karena kamu tidak berjualan keliling dan tidak menawarkan produk secara langsung ke konsumen, makanya kamu hanya bisa menunggu konsumen datang dan mampir ke tokomu. Hal ini berlaku baik untuk penjual offline maupun online.

Tapi, kalau kamu ingin agar jualan kamu laku dan dibeli, kamu nggak bisa hanya menunggu konsumen datang, dong? Bahkan terkadang konsumen yang datang hanya sekedar menanyakan harga dan belum tentu membeli. Terus, kira-kira apa yang perlu kamu lakukan?

Yup! Melakukan follow up kepada konsumen.

Kamu beruntung banget nih karena di Tokopedia ada fitur Broadcast Chat yang bisa kamu manfaatkan biar para calon konsumen ini kembali datang ke tokomu dan membeli produk yang sebelumnya mereka lihat atau tanyakan. Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai Broadcast Chat Tokopedia secara umum, bagaimana cara kerjanya, hingga kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan Broadcast Chat kepada konsumen.

Yuk, simak selengkapnya di bawah!

broadcast chat tokopedia

Broadcast Chat Tokopedia

Broadcast Chat Tokopedia adalah salah satu fitur di Tokopedia yang berfungsi untuk mengirimkan langsung ke inbox calon konsumen mengenai promosi yang kamu buat dengan template foto yang sudah disediakan oleh Tokopedia. Jadi, kamu hanya perlu mengisi bagian atau form yang ada untuk membuat promosi kamu. Broadcast chat juga bisa kamu gunakan untuk mengumumkan produk unggulan atau memberitahukan produk terbaru kamu yang akan atau baru saja rilis. Selain itu, kamu juga bisa membangun relasi yang baik dengan konsumen.

Broadcast Chat ini bayar nggak ya? Tenang aja, fitur ini gratis buat kamu yang sudah menjadi Seller Power Merchant. Kamu bisa mendapatkan kuota broadcast chat gratis setiap bulannya. Untuk kuotanya sendiri berbeda-beda tergantung level toko yang akan kami jelaskan dibawah ini:

  1. Seller Power Merchant, akan mendapatkan 200 kuota chat gratis per bulan.
  2. Power Merchant PRO Advanced, akan mendapatkan 400 kuota chat gratis per bulan.
  3. Power Merchant PRO Expert, akan mendapatkan 600 kuota chat gratis per bulan.
  4. Power Merchant PRO Ultimate, akan mendapatkan 800 kuota chat gratis per bulan.
  5. Official Store, akan mendapatkan 1.500 kuota chat gratis per bulan.

Kuota gratis broadcast chat ini akan diberikan pada setiap hari Senin di minggu pertama awal bulan, dan akan kadaluarsa pada hari Minggu atau sebelum hari Senin pertama di awal bulan selanjutnya.

Kalau kuota broadcast chat kamu habis kurang dari sebulan dan kamu nggak sabar buat nunggu kuota broadcast chat gratis untuk bulan selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan broadcast chat berbayar. Disini kamu bisa membayar melalui Topads dan kamu akan mendapatkan 1000 kuota chat dengan harga Rp. 8.000,-

Rahasia jago jualan di Tokopedia!

Kamu bisa mendapatkan trik dan informasi menarik tentang cara jualan di Tokopedia dari Coach ahli

Cara kerja broadcast chat Tokopedia

Selanjutnya yang akan dibahas adalah cara kerja dari broadcast chat di Tokopedia ini. Tapi sebelum membahas kesana, kami akan memberikan sedikit tutorial dulu nih untuk mengecek jumlah broadcast chat gratis untuk toko kamu. Berikut tahapannya:

  1. Masuk ke Tokopedia Seller melalui desktop, kemudian klik Iklan dan Promosi
  2. Kemudian klik Tingkatkan loyalitas, setelah itu klik Broadcast Chat
  3. Setelah itu, kamu bisa melihat ke bagian Atur Biaya dan akan terlihat di sana berapa jumlah broadcast chat gratis yang kamu miliki.

Mudah sekali bukan? Sekarang adalah saatnya kamu tahu bagaimana broadcast chat ini akan sampai ke konsumen.

Jadi, sistem di Tokopedia akan menyortir tipe konsumen potensial yang akan menerima chat dari kamu. Konsumen atau pembeli potensial ini bisa berasal dari pelanggan yang pernah membeli di toko kamu, atau followers toko, atau bahkan pengguna Tokopedia yang pernah berinteraksi dengan toko atau produk kamu. Untuk dua kategori pertama mudah dipahami ya, tapi kategori yang ketiga adalah yang paling unik dan menguntungkan buat kamu.

Jadi, pembeli potensial yang dimaksud adalah pembeli di kategori yang ketiga. Interaksi pembeli ini bisa berupa kunjungan ke toko, memasukkan produk kamu ke dalam wishlist, atau sekedar melihat produk kamu lebih dari dua kali. Misalnya saja nih, kamu menjual tumblr ukuran 500ml. Terus ada pembeli yang melihat produk kamu. Di hari selanjutnya, dia kembali melihat produk kamu, tapi nggak masukin ke wishlist. Jadi cuma dilihat aja gitu. 

Nah, jenis pembeli yang seperti ini biasanya adalah tipe pembeli yang lupa dia pernah berminat atau pengen beli barang apa aja. Jenis pembeli yang seperti ini jumlahnya lebih banyak daripada jenis pembeli yang langsung checkout barang kamu. Namun karena semua aktivitasnya sudah terekam di sistem, akan semakin mudah untuk kamu melakukan follow up. Karena nantinya, pembeli itu akan masuk ke daftar pembeli potensial di sistem Tokopedia. Untuk itu, broadcast chat akan sangat berguna untuk meraih jenis pembeli yang seperti ini.

Dengan adanya broadcast chat, bukan kamu saja yang diuntungkan jika mampu menghasilkan penjualan. Tetapi pembeli juga merasa diuntungkan karena mereka diingatkan untuk membeli produk tersebut. Mereka juga akan lebih senang jika isi broadcast chat kamu adalah promosi loh!

Mau tau caranya kejar konsumen?

Gabung kelas kami dan kamu akan mendapatkan ilmu tentang cara sollow up dan bisa langsung closing!

Waktu yang tepat untuk melakukan broadcast chat

Ketika mengirim pesan yang berisi promosi dan pemberitahuan tentang produk terbaru, kamu juga nggak boleh sembarangan loh. Kamu harus mengaktifkan broadcast chat di waktu yang tepat agar bisa menghasilkan penjualan yang maksimal. Nah, berikut adalah 2 waktu yang paling efektif untuk mengaktifkan broadcast chat.

1. Malam hari

Nyatanya, orang cenderung memakai handphone lebih lama ketika malam hari. Mengapa demikian? Karena tidak ada gangguan. Sedangkan jika mereka membuka handphone di waktu pagi, siang, atau sore, selalu ada hal yang harus mereka lakukan. Untuk itu, kami sarankan agar kamu mengirimkan broadcast chat di malam hari, karena kalau konsumen menerima pesan di pagi, siang, atau sore, mereka akan cenderung lupa kalau mereka menerima pesan berisi promosi tersebut dan tidak akan langsung melakukan pembelian. Ketika mereka memiliki waktu luang setelahnya, belum tentu mereka akan mengecek broadcast chat dari kamu lagi.

2. Saat gajian

Saat gajian adalah saat paling tepat untuk mengirimkan kabar gembira untuk konsumen. Kamu sendiri kalau sudah gajian, pastinya pengen langsung belanja ini-itu kan? Nah dengan mengirimkan broadcast chat pada tanggal-tanggal gajian, kemungkinan besar konsumen melakukan pembelian sangatlah tinggi. Sedangkan jika kamu mengirimkan di tanggal tua, konsumen tidak akan memperdulikan promosi yang kamu berikan karena mereka juga nggak ada uang buat beli.

Jualan laku tiap hari dengan cara ini

Kelas Tokopedia akan membantu menaikkan omset penjualanmu hingga berkali lipat!!

Udah simpel, gratis lagi!

Gampang banget kan sobat MEA? Kamu bisa menyusun strategi dan menyiapkan isi pesan broadcast kamu mulai dari sekarang loh! Jangan lewatkan informasi menarik seputar cara jualan di Tokopedia seperti ini dengan bergabung di Kelas Online Tokopedia. Atau ingin belajar banyak mengenai digital marketing? Boleh banget! Klik link yang sudah kami selipkan di dalam artikel ini ya!

Sampai jumpa di Kelas!!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *