Cara Menjadi Influencer Di TikTok

cara menjadi influencer di tiktok

Cara Menjadi Influencer TikTok – Saat ini TikTok merupakan platform media sosial tempat kalian dapat mengupload video pendek dan juga membagikan nya  nya secara online. Siapapun bisa menjadi influencer TikTok, kalian hanya memerlukan Video ataupun konten yang tepat dan juga menarik sehingga akan banyak pengikut ataupun followers yang akan menyukai konten kalian.

Baru-Baru ini aplikasi ini banyak popularitas dan menjadi sumber penghasilan bagi banyak influencer TikTok. Lebih dari 1.5 Miliyar orang yang berada di seluruh dunia yang mendownload tiktok dan kini jumlah nya akan terus bertambah. 

Orang amerika telah menghabiskan lebih dari 23,1 Juta Dollar untuk uang virtual di TikTok sejak Tahun 2018. Dan juga Statistik ini hanya untuk di AS bayangkan saja jika tempat nya di seluruh dunia. Uang seperti itulah yang dijanjikan aplikasi ini sebelum kita menlanjutkan tentang aplikasi ini mari kita bahas mengenai tiktok itu sendiri.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Tiktok ?

Algoritma Tiktok di program untuk menilai video yang kalian sukai dan yang kalian bagikan pada saat itu dan menghasilkan konten menggunakan pengetahuan itu. Saat Video kalian diunggah tiktok akan menunjukannya kepada beberapa pengguna diantara video-video yang viral. Kemudian algoritma itu akan menghitung jumlah penonton, jumlah suka dan juga jumlah share video yang didapat

Algoritma itu di design sedemikian rupa sehingga jika engagment pengguna pada video itu meningkat, maka video tersebut akan diedarkan ke lebih banyak orang. Hal ini juga yang bisa menjadi penyebab video video yang menjadi viral 

Pada dasar nya Tiktok adalah media hiburan yang menampilkan video berdurasi 15 sampai dengan 60 detik atau 1 menit, Akan tetapi dengan langkah yang tepat kalian bisa melakukan monetisasi platform atau aplikasi ini dan juga mulai menghasilkan pendapatan untuk kalian sendiri. Sumber utama untuk dapat menghasilkan uang dalam pemasaran influencer tiktok adalah melalui iklan dan sponsor ataupun endorsement.

Kalian dapat memanfaatkan peluang dari sebuah tren yang berkembang atau viral ini dan kalian bisa menghasilkan uang dengan menjadi influencer TikTok. Dalam postingan kali ini kami akan memberikan kepada kalian Tips dan juga trik menjadi influencer di tiktok dan menghasilkan uang melalui aplikasi ini, Mari kita mulai.

Jadilah Karakter yang Unik

Ada banyak sekali konten yang ada di TikTok. Jika kalian ingin menarik perhatian audiens maka kalian harus lah unik. Kalian harus pintar pintar memilih tempat khusus untuk kalian dapat membuat video kalian yaitu tempat yang tidak biasa dan belum pernah di coba oleh influencer tiktok lain nya.

Namun, meskipun konten video yang kalian buat tidak unik dengan gaya penyajian yang seperti itu itu saja. Banyak sekali orang-orang yang ingin melihat sesuatu yang berbeda dari biasanya. Jika kalian menawarkan sesuatu yang baru maka itu akan di perharitakn. Cobalah kalian ikuti trend terbaru dalam influencer marketing untuk mengetahui apa yang di cari oleh audiens.

Tahun 2021 adalah tahun dimana kreativitas di di dunia maya dan social media seperti tiktok lagi sedang sangat menjadi hype. Ada banyak sekali influencer TikTok dengan ide ide kreatif dan membuat video video nya menjadi viral.

Misal nya BotakTikTok membuat video video konyol yang menjadi viral dan mengumpulkan jutaan followers di TikTok.  TikTok influencer bernama Caleb Culter membuat video lucu dan inovatif tentang operasi pisang dan mendapatkan sekitar 6 juta like.

Siapa Audiens Kalian ?

Kalian harus mengenal penonton kalian dan membuat video dengan mengingat mereka. Mereka harus bisa mendapatkan beberapa wawasan dari menonton video ini, baik itu tips atau juga hiburan yang bermanfaat.

Tanyakan pada diri kalian, “Siapa yang menonton video saya?” “Kenapa orang-orang akan menonton saya?” “Konten apa yang akan saya tawarkan kepada mereka ?” Penting untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini untuk membuat video kalian nantinya agar menjadi lebih unik.

Pengguna tiktok yang ada di seluruh dunia adalah 55.6% laki-laki dan 44,4% perempuan. Jika kita lihat lebih jauh kedalam data ini, kita kan melihat bahwa lebih banyak remaja yang menggunakan aplikasi ini. Dan laki-laki mendominasi kelompok usia ini. Fakta menarik lain nya adalah lebih banyak pria berusia 40-an yang menggunakan aplikasi ini di bandingkan dengan usia 30-an dan 50-an. Untuk mendapatkan ide tentang apa yang menarik bagi khalayak umum, Lihat video trending TikTok sebelum kalian mulai.

Dengan mengetahui siapa saja audiens, kalian jadi lebih mudah membuat konten yang sesuai dan tepat sasaran. Setelah itu, kalian akan semakin mudah untuk menyelipkan sedikit jualan dan bisa mulai menyusun untuk pembuatan konten selanjutnya.

Jadikan TikTok Sebagai Lahan Penghasil Uang Buat Kamu

Ikuti Kelas TIkTok Sekarang dan Dapatkan Strategi Sukses Jualan Lewat TikTok

Tentukan Niche yang Tepat

Sebelum menjadi influencer TikTok, kalian haru tahu niche yang sesuai untuk diri kalian sendiri. Niche sendiri adalah satu topik utama yang bisa kalian bahas dalam konten. Dan untuk menentukan niche ini nggak boleh sembarangan loh sobat MEA.

Kami sarankan agar kalian menggunakan niche yang sesuai dengan minat dan potensi. Mengapa demikian? Karena kalian pasti nggak bakal bosen dan nggak bakal kehabisan bahan buat bahas di konten. 

Bayangkan kalau kalian sudah terlanjur jadi influencer TikTok tapi kalian mengambil niche atau tema yang kalian sendiri nggak begiru tertarik atau nggak begitu paham. Pasti lama-lama bakal pusing sendiri dong? Dan informasi yang salah ini bisa bahaya banget buat image dan buat viewers. Jangan sampai kalian jadi sumber informasi yang salah!

Untuk itu, menentukan niche sebagai influencer TikTok adalah hal yang sangat penting.

Kenali Influencer TikTok dengan Niche yang Sama

Setelah kalian memutuskan audiens dan niche apa yang ingin kalian targetkan. Kalian harus memeriksa semua influencer yang menargetkan demografis serupa. Lihat video nya, lihat jenis konten mereka dan berapa banyak konten yang mereka miliki serta berapa banyak like serta share yang mereka dapatkan. Kalian selalu dapat bisa melakukan sesuatu yang serupa atau juga bisa mengambil inspirasi dari pekerjaan yang mereka miliki untuk berimprovisasi.

Cobalah bagi kalian untuk mencari tahu apa yang tidak di sediakan oleh pemberi pengaruh lain. Kerjakan tautan yang hilang dan kembangkan konten kalian sambil mengingatnya. Misal nya jika sebagian orang melakukan lip sync dan kalian ingin melakukan hal yang sama, kalian dapat menemukan bebrapa lagu yang unik yang akan berbeda dari yang sudah ada.

Buatlah Konten yang Menarik dan Konsisten

Mampu membuat konten yang menarik sangatlah penting bagi influencer TikTok. Kalian tidak perlu membuat konten yang disukai oleh semua orang. cukup buat konten yang disukai oleh audiens. Mengapa begitu? Karena audiens dengan niche yang sudah kalian tentukan sudah ada dan sudah jelas tertarik dengan konten kalian. Sedangkan orang lain yang berasal dari niche lain belum tentu menyukai konten yang kalian buat.

Jadi, kalian nggak perlu repot-repot ‘menyenangkan’ audiens lain karena selera mereka memang berbeda. Cukup buat konten yang menarik dan konsisten karena bagi audiens kalian, isi konten kalian itu yang penting untuk mereka. Bahkan terkadang, muncul rasa membutuhkan di diri audiens terhadap influencernya.

Cobalah bagi kalian untuk konsisten dengan video yang kalian buat dan juga waktu upload yang kalian buat. Perbaiki waktu yang ditentukan untuk upload video kalian. Dengan cara ini, Audiens kalian akan tau apa yang di harapkan oleh mereka dan kapan mereka harus mengharapkannya.

Kalian juga dapat memulai dengan cara metode coba coba dan mencoba hal hal acak diawal. Tetapi ketika kalian mendapatkan Like dan Share 

Jangan Mudah Ganti Konten

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalian tidak perlu membuat konten yang disukai oleh semua orang. Kadang audiens dengan niche yang berbeda bisa mampir di konten kalian, atau konten kalian kebetulan lewat di beranda mereka, kemudian mereka meninggalkan komen yang tidak menyenangkan. Jangan sampai kalian terbawa emosi dan mengubah isi konten hanya karena beberapa orang yang menyarankannya demikian.

Membuat konten memang susah. Bahkan selebgram besar seperti Keanugl pernah merasa tidak bebas dalam membuat konten karena mendapatkan komentar yang tidak menyenangkan dari audiens yang tidak sesuai dengan sasarannya. Untuk itu, kalian harus tetap konsisten pada isi konten agar bisa secara otomatis mengusir audiens dari niche yang berbeda.

Enjoy!

Jangan lupa untuk selalu enjoy, karena kalau kalian melakukannya dnegan sennag hati, tentunya kalian tidak akan merasa terbebani untuk membuat konten yang menarik dan menyandang galar influencer TikTok.

Kelas TikTok

Untung dengan Strategi Jitu Marketing di TikTok

You May Also Like

About the Author: Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *