Cara Menjadi Distributor di Shopee dan Dapatkan Omset Ratusan Juta Per Tahun!

Cara Menjadi Distributor di Shopee – Ada banyak cara untuk berjualan, begitu juga dengan bisnis. Sobat MEA pasti sudah tidak asing jika mendengar tentang menjual produk sendiri, atau menjadi reseller, bahkan menjadi dropshipper. Tapi, pernahkah sobat MEA kepikiran untuk menjadi distributor? Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai cara menjadi distributor di shopee dan bagaimana caranya agar bisa mendapatkan omset hingga 100 juta sebulan!

cara menjadi distributor di shopee

Cara Menjadi Distributor di Shopee

Sebelum membahas mendalam mengenai cara menjadi distributor di Shopee, kami akan menjelaskan sedikit terlebih dahulu mengenai distributor. Jadi, distributor adalah orang yang membeli produk secara langsung dari produsen. Kemudian barang tadi dijual kembali ke penjual eceran atau bisa langsung ke konsumen. Menjadi distributor lebih simpel karena sobat MEA tidak perlu menunggu produsen memiliki stok yang tersedia sebelum melakukan penjualan. Sobat MEA juga bisa menentukan harga sendiri tanpa terikat persetujuan dari produsen.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjadi distributor:

  1. Cari produk yang sesuai untuk dipasarkan kembali

Untuk itu, melakukan riset pasar adalah kunci awal agar sobat MEA bisa menjual barang-barang tersebut kepada target pasar yang tepat. Memiliki product knowledge atau pengetahuan terhadap produk juga merupakan hal yang penting agar kamu bisa lebih mudah ketika menjelaskan fungsi atau kelebihan dari produk tersebut.

2. Kenali kompetitor

Sambil mencari produk yang bisa dijual kembali, cari tahu juga kompetitor sobat MEA di produk tersebut. Hal ini dapat digunakan sebagai langkah awal untuk menyusun strategi penjualan seperti harga barang, ongkos kirim, hingga promosi dan voucher.

3. Uji kelayakan produk

Pastikan juga produk yang ingin dijual memiliki kualitas yang baik agar konsumen memiliki rasa percaya kepada produk yang sobat MEA tawarkan.

4. Kemampuan menjual barang

Ketika sobat MEA menjual barang di marketplace seperti Shopee, kemampuan menjual barang yang diperlukan adalah dengan membuat produk dan toko terlihat menarik. Selain itu, sertakan juga bonus gratis ongkir dan promosi seperti diskon atau voucher karena semua orang suka hal-hal yang berbau bonus dan gratisan.

5. Melakukan kerjasama dan bangun relasi

Untuk melebarkan sayap bisnis dan target pasar, melakukan kerjasama dan membangun relasi adalah salah satu cara yang ampuh. Kerjasama dapat dilakukan dengan influencer yang menerima endorse, atau menggunakan jasa digital marketing.

Ini dia kunci rahasia jago jualan di Shopee

Yuk buka kuncinya disini!

Omset Ratusan Juta dengan Menjadi Distributor

Pasti sobat MEA sudah nggak sabar kan dengan bagian ini? Pasti bakal kami jelasin koookk, tenang aja. Menjadi distributor memang tidak mudah karena harus bersaingan langsung dengan produsen. Tapi, bukan berarti menjadi distributor berarti tidak bisa mendapatkan omset tinggi loh.

Contohnya saja klien kami yang menggunakan jasa manajemen dari Komunitas MEA. Total omset mereka pada awalnya di tahun 2020 adalah 539 juta. Ini artinya, omset mereka rata-rata tiap bulan ada 44 juta.

cara menjadi distributor di shopee

Kemudian pada bulan Mei 2021, mereka menggunakan jasa Manajemen akun Shopee dan TikTok di Komunitas MEA. Hasilnya memuaskan banget loh! Omset awal mereka di bulan April adalah sebesar ini:

cara menjadi distributor di shopee

Kemudian pada Mei, langsung naik menjadi sebesar ini. Kenaikannya hampir 2 kali lipat!

cara menjadi distributor di shopee

Sobat MEA akan lebih kaget lagi jika melihat report di bulan Juni dan Juli karena omsetnya tembus hingga 100 juta!

cara menjadi distributor di shopee
cara menjadi distributor di shopee

Dan ini adalah hasil report total omset dari Januari hingga awal Agustus 2021. Bahkan belum ada 8 bulan, dan baru hampir 4 bulan menggunakan jasa kami, tapi hasilnya sudah bisa mengalahkan total omset di tahun sebelumnya.

cara menjadi distributor di shopee

Mau Seperti Mereka?

Ada beberapa tips yang akan kami berikan kepada sobat MEA mengenai cara mendapatkan traffic atau kunjungan ke Shopee melalui platform lain, khususnya TikTok:

  1. Tarik penonton di 3 detik pertama. Kalau sobat MEA nonton video yang sejak awal aja sudah nggak jelas isinya, pasti sobat MEA akan lanjut scroll secara otomatis kan? Nah, inilah pentingnya menarik viewers sejak awal. Bisa dilakukan dengan memasang headline yang menarik, atau shoot video dari angle yang menarik juga.
  2. Jangan kebanyakan jualan! Ini nih yang sering disepelekan sama konten kreator atau penjual yang membuat konten jualan di TikTok. Viewers akan bosan jika isi konten sobat MEA hanya tentang produk dan menyuruh viewers untuk membeli. Buatlah konten yang soft selling, alias jualan tipis-tipis. Bisa berupa cerita sehari-hari dan selipkan atau cukup tunjukkan saja produk sobat MEA di video tersebut.
  3. Konten tips sesuai produk. Sebagai penjual, terkadang kita harus memberi dahulu sebelum mendapatkan sesuatu. Memberikan tips kepada viewers adalah salah satunya. Misalnya sobat MEA menjual jilbab, sobat MEA bisa banget membuat konten mengenai tutorial memakai jilbab. Bisa juga membuat tips OOTD.

Naikkan penjualan bersama kami!

Dapatkan dukungan dari coach dan tim profesional yang berfokus pada hasil. Yuk daftar sekarang!

Mau Tau Tips Lainnya?

Nah itu dia cara menjadi distributor di Shopee. Mau dapat lebih banyak tips menghasilkan uang lewat Shopee? Bakal kami kasih juga kok, tapi nggak disini dooong. Semua informasi dan pengetahuan tentang cara jualan dan cara menaikkan omset di Shopee bisa sobat MEA dapatkan di Kelas Shopee. Yuk gabung sekarang dan sobat MEA bisa bebas tanya-tanya ke coach profesional!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *