Menu Tutup

Kepoin Cara Menentukan Target Audience fb Ads

Cara menentukan target audience fb ads menjadi bagian dari ilmu psikologi. Dalam menentukan teknik marketing yang akan berhubungan dengan pengguna, kita harus memahami kepribadian dan karakter audiens yang menjadi target.

Salah sedikit dalam pemberian dan target akan terus menyebabkan produk kita tidak mendapatkan banyak pelanggan. Misalkan saja seorang penjual obat lansia namun audience yang ditargetkan adalah para remaja aktif menggunakan skincare. Tentunya tidak akan tertarik dan proses iklan yang kita lakukan hanya sebuah kesia-siaan. Untuk menghindari terjadinya masalah tersebut, penting untuk memahami dan mengenali audiens yang dituju.

Dari pihak facebook sendiri untuk melakukan target audiens bagi facebook yang memungkinkan untuk mendapatkan sasaran secara spesifik. Misalnya dengan menentukan berdasarkan bulan lahir, usia, lokasi, minat dan perilaku karena facebook memiliki data demografi secara detail. Facebook ads menjadi sangat populer sebagai media untuk melakukan promosi iklan.

 

dengan diberlakukannya target audiens yang spesifik akan memudahkan kita dan menyesuaikan aset iklan seperti gaa, image, penulisan, video bahkan audio  dengan yang diharapkan. Artinya sobat mea mampu menyesuaikan dengan sudut pandang dengan penawaran target audience tertentu. 

dalam melakukan dan mengatur target audience akan memiliki banyak hal yang diperhitungkan.

Cara Menentukan Target Audience fb ads

Dari jenis audience yang diberikan pihak facebook memiliki 3 kelebihan masing-masing.

  1. Saved audience
  2. Custom Audience
  3. Lookalike Audience

Saved Audience

Atau biasa disebut nuga mengenai broad audience yang belum ditentukan secara spesifik. Artinya, audience jenis iniaku dibuat komposisi dan karakternya dalam detailed targeting secara manual ketika sobat MEA mulai menentukan target audience.

jika menggunakan layana ini spesifikasi yang dilakukan harus meciptakan target uan ideal bagi pengguna baru. Dengan contoh sebagai berikut: Jika menjua sebuahb tas dengan harga 200 ribu, maka akan menentukan target audience berdasarkan status usia, penghasilan, jenis kelamin dan pekerjaan. Karena jika sobat MEA menjual produk tas wanita tentu tidak akan emnjadikan pria sebagi objek utama dalam proses pemasaran bukan?

dengan emngunakan target yang semakin spesifik maka jangkauan iklan sobat MEA akan semakin tinggi dari konversi ikla yang dilakukan. Bisa menggunakan sebuah teknik A/B tetsting atau split testing dalam menemukan target yang paling efektif.

Custom Audience cara menentukan target audience fb ads

Mengenai custom audience merupakan target yang dibentuk berdasarkan data yang telah dikumpulkan sebelumnya, dengan memanfaatkan customer tersebut menjadi bagian dari target audience facebook ads.  Jika sobat MEA sudah berulang kali melakukan jas pengiklanan maka bisa menggunakan jasa saved audience ini dan secara perlahan data seperti kumpulan email, nomor telepon datau database pixel akan terekam dalam web.

Kemudian akan dikonversi menjadi sebuah target audience facebook Ads dengan cara mengunggah data menjadi custome audience. Jenis inilah yang menjadi audience facebook ads akan berguna jika menginginkan target audience yang potensial menjadi pelanggan dan customer bisnis sobat MEA.

Untuk mengetahui apa saja yang digunakan dalam membangun custome? Terdapat data yang bisa digunakan dan telah kami rangkum secara keseluruhan:

cara menentukan target audience fb ads
  • Website 

Melalui kunjungan yang masuk ke pada situs bisnis sobat MEA. Mak data yang direkam menggunakan facebook pixel dan bisa diunggah melalui custom audience.

  • Customer List

Data yang didapatkan melalui data CRM yang diungga facebook ketika menentukan custom audience.

  • App activity

data yang akan didapatkan ketika orang mengunduh dan menggunakan aplikasi yang dibuat.

  • instagram business

Sebagai bagian dari facebook, kita juga bisa mendapatkan informasi mengenai interaksi yang didapatkan seperti mengunjungi profil, like, komen dan mengirim pesan

  • video viewers

Melalui data orang-orang yang menyaksikan video dan juga membagi data menjadi beberapa bagian lain seperti berapa lama durasi yang ditonton

  • offline activity

Jika memiliki sebuah toko bisa juga menggunakan berdasarkan daftar pengunjung yang datang bisa juga memasukan berdasarkan nomor hp atau tempat pemasaran lainnya.

  • Lead form

Saat calon pelanggan mengisi form yang disediakan saat kampanye iklan leads generation

  • Events 

eSaat melakukan interaksi pada sebuah event misalkan giveaway dan promo lainnya di fanpage bisnis sobat MEA

  • Instant Experience

Facebook juga memberikan fitur yang didapatkan dari pengguna yang melakukan interaksi instant experienc

  • Facebook Page

Sebuah data yang didapatkan melalui pengguna yang memberi komentar, pesan ke facebook page bisnis sobat MEA

Lookalike Audience

Berdasarkan kemiripan dengan data custom audience yang dimiliki. MISalnya sobat MEA sudah memiliki data pengguna sebanyak 200 daftar nomor hp kemudian diunggah melalui facebook untuk menjadikan sebagai data audience yang akan otomatis membuat daftar karakter yang sama. Secara sederhana nomer tersebut akan dijadikan sebagai audience yang memiliki usia, minat, kebiasaan yang sama.

Dalam pembuatan data ini pun bisa memilih lokasi, mengatur jumlah dari 1% hingga 10% dari jumlah audience yang mirip. Dan fitur yang memperluas custom audience pengguna yang pernah berinteraksi dengan akun bisnis sobat MEA pad pengguna baru yang sudah disesuaikan dengan karakter bisnis.

Bagi sobat MEA yang baru saja terjun kepada bisnis online, kami memberikan sebuah tawaran yang akan menyelesaika masalah sobat MEA. Jika belum bisa menghasilkan dengan jualan online? Menggunakan marketplace online? Butuh bimbingan? Ini jawabannya! Dengan mentor berpengalaman serta bimbingan dari proffesional. Yuk dapatkan jawabanmu sekarang dengan klik tombol dibawah ini!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *