Cara Menawarkan Produk Biar Pembeli Kepincut

cara menawarkan produk

Cara Menawarkan Produk – Bukan, kami nggak menyarankan kamu untuk pakai pelet atau jampi-jampi penglaris tertentu. Tapi kami akan memberikan kamu tips dan trik agar pembeli tertarik untuk mengeluarkan uangnya demi bisa mendapatkan produk yang kamu jual.

 

Menawarkan produk merupakan salah satu bentuk perwujudan dari teknik marketing yang gampang-gampang susah untuk dipraktekkan. Gampang karena secara teori memang terlihat mudah untuk dilakukan. Pada kenyataannya, tidak semudah itu ketika dipraktekkan.

Salah satu indikator kesuksesan sebuah bisnis adalah berapa banyak produk yang mampu dijual dalam suatu periode tertentu. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk tahu cara menawarkan produk agar selalu bisa meraup keuntungan.

Daftar isi

Sebelum Kalian Memulai Untuk Menawarkan Produk, Ada 3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Disini Tempat nya Skill Jualan Kamu Akan Diasah

Daftar di kelas digital marketing Komunitas Mea yang akan membantu kamu menerapkan strategi jualan yang paling oke
  • Kenali Produk Sendiri

Sebelum melakukan proses pemasaran, tentunya kamu perlu mengenali produkmu sendiri. Mengapa? Agar kamu bisa tahu apa yang perlu ditonjolkan dari produkmu. Apakah produkmu merupakan barang limited, atau memiliki beberapa varian bentuk dan warna yang diproduksi terbatas, atau dibuat dengan bahan premium, atau memiliki harga yang terjangkau dengan kualitas terbaik, dan lain sebagainya. Selain itu, dengan mempelajari produkmu sendiri, kamu juga bisa memberikan jawaban yang memuaskan ketika calon konsumen memberikan pertanyaan terkait produk yang kamu tawarkan.

  • Pelajari Produk Lain yang Mirip dari Kompetitor

Hampir tidak mungkin kalau daganganmu adalah satu-satunya jenis yang dijual secara online. Selain mengenali produk sendiri, kamu juga perlu melakukan riset terhadap produk serupa dari kompetitor. Dengan begitu, kamu bisa sekaligus melakukan evaluasi atau perbaikan dengan produkmu agar konsumen semakin puas dengan barang yang kamu jual.

  • Riset

Kok intinya kita perlu riset terus, sih? Tentu saja. Selain riset tentang produkmu dan produk kompetitor, kamu juga perlu riset pasar untuk mengetahui apa sih yang sebenarnya diinginkan dan diharapkan oleh konsumen ketika membeli produkmu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membaca review dari beberapa pembeli sebelumnya yang sudah membeli produkmu. Atau, kamu juga bisa meminta mereka untuk memberikan testimoni mengenai produkmu.

Ayo Belajar Disini Buat Kalian Yang Ingin Jago Jualan Online

Pelajarilah cara yang benar dalam berjualan online dan menawawkan produk julan kalian dari ahlinya hanya di komunitasmea

Cara Menawarkan Produk ?

Setelah melakukan tiga hal di atas, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini dalam memasarkan produkmu:

 

  • Percaya diri

Rasa percaya dirimu akan muncul ketika menawarkan produk jika kamu sudah memahami produk yang kamu jual. Kamu bisa dan berani mempertanggung jawabkan apa yang kamu tawarkan akan sesuai dengan apa yang mereka dapatkan. 

Kamu juga tidak perlu terburu-buru ketika menawarkan produk. Beri waktu kepada konsumen untuk memilih dan berpikir untuk menentukan apakah mereka jadi membeli produkmu atau tidak. Kamu bisa meyakinkan calon konsumen dengan cara kedua.

 

  • Beritahu kelebihan produk

Kamu bisa memberitahu kelebihan produkmu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan begitu, mereka akan mempertimbangkan lebih lanjut untuk membeli produkmu.

 

  • Tidak menjelekkan produk lain

Dengan menjelekkan produk lain, tidak membuat produkmu terlihat semakin bagus. Justru ketika kamu men-downgrade produk lain, hal itu akan menurunkan reputasi produkmu sendiri. Ketika kamu merendahkan produk dari kompetitor, hal itu akan membuatmu terlihat tidak percaya diri dengan produk yang kamu miliki dan pembeli akan meragukan keunggulan dari produk yang sudah kamu sebutkan terlebih dahulu.

 

  • Memberikan pelayanan optimal

Mengapa memberikan pelayanan yang baik itu penting? Karena memiliki produk yang bagus saja tidaklah cukup. Image toko atau brand juga perlu kamu bangun. Kamu harus memberikan sesuatu yang lain agar pembeli merasa senang membeli dari tokomu. Salah satunya adalah pelayanan yang ramah dan menyenangkan. Dengan begitu, pembeli tidak akan merasa sungkan untuk bertanya lebih lanjut mengenai produkmu.

 

  • Mengerti kebutuhan konsumen

Misal kamu menjual produk skincare dan konsumenmu memiliki tipe kulit acne prone. Kamu harus mengetahui ini dari awal agar tidak salah menawarkan produk. Jangan sampai yang kamu tawarkan adalah skincare khusus untuk dry skin. Bukan hanya kulitnya calon konsumen saja yang rusak, tetapi nama tokomu juga akan tercoreng.

 

  • Memberikan sampel/tester

Siapa sih yang nggak suka dikasih tester? Seperti misalnya ketika kamu di supermarket, kemudian di rak lotion ada produk baru dari sebuah brand yang menyediakan tester. Kamu pasti tertarik untuk mencobanya dong?

Nah, ini juga bisa kamu lakukan, loh. Ketika konsumen membeli produk A dari tokomu dan kamu ingin melakukan promosi untuk produk lain atau produk baru, kamu juga bisa memberikan mereka hadia kecil berupa sampel dari produk yang ingin kamu tawarkan.

Selain membuat mereka senang karena mendapatkan barang tambahan yang gratis, hal tersebut juga mampu memunculkan keinginan konsumen untuk membeli lagi di tokomu.

 

  • Promosi dan voucher

Kamu suka nggak kalau dikasih diskon atau voucher? Suka dong pastinya. Begitu pula dengan konsumenmu. Kamu bisa memberikan promosi dengan berbagai background. Seperti ambil saja, “Diskon Harga Skincare di Hari Kemerdekaan Untuk Memerdekakan Hati Doi” misalnya. Atau kamu juga bisa menggunakan hari raya atau event besar lainnya.

 

Mau Tahu Cara Menawarkan Produk Lain nya ?

Setelah mengetahui beberapa cara menawarkan produk di atas, kamu bisa langsung mencobanya untuk menilai bagaimana respon konsumen, apakah lebih tertarik dengan produkmu atau tidak. Jika konsumen semakin terpikat, maka penjualanmu juga akan meningkat.

 

Pemasaran merupakan salah satu tanggung jawab Customer Service untuk mempengaruhi konsumen dalam membeli produk yang kamu jual. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai cara menawarkan produk, kamu bisa mengikuti Kelas Customer Service di sini.

You May Also Like

About the Author: Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *