Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Menangani Pengiriman Gagal di Shopee. Mudah!

by Viki
cara menangani pengiriman gagal di shopee

Sebagai penjual, kita kerap mendapatkan pengiriman yang gagal terhadap pesanan pembeli, termasuk di platform Shopee. Hal ini tentu menyebalkan, terlebih jika kita sudah memprosesnya dari jauh-jauh hari. Jika ini terjadi pada Sobat MEA, penting untuk memahami cara menangani pengiriman gagal di Shopee.

Pengiriman gagal sendiri bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari alamat yang tidak lengkap, penerima tidak ada di tempat, hingga masalah kurir.  Dalam artikel ini, MiMe akan membahas cara-cara menangani pengiriman gagal di Shopee secara lengkap. Oleh karena itu, simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Table of Contents

Mengenal Pengiriman Gagal di Shopee

Pesanan anti gagal dengan kolaborasi partner terbaik dari MCN Shopee MEA!
Dapatkan partner promosi yang potensial dan menarik perhatian sampai pasti fix order di tokomu~

Pengiriman gagal umumnya dikarenakan pihak jasa kirim tidak berhasil mengirimkan paket kepada Pembeli. Ada berbagai alasan di balik permasalahan ini, seperti Pembeli menolak untuk menerima paket pesanan COD (Bayar di Tempat), alamat salah, atau kendala pengiriman lainnya.

Jika ini terjadi, pihak kurir akan mengirimkan kembali paket dengan kondisi yang baik dari sisi kemasan dan fungsi ke Penjual.

Setelah paket tersebut diterima Penjual, maka penjual akan memeriksa barang yang dikembalikan dan menentukan langkah selanjutnya, termasuk menghubungi pembeli dan mendiskusikan lebih lanjut terkait pesanan yang telah dibeli.

Tapi perlu diingat, paket yang dikembalikan karena pengiriman yang gagal berbeda dengan paket yang dikirim kembali atas permintaan pengembalian/pengembalian dana, dimana ada syarat paket pesanan wajib diterima oleh pembeli yang kemudian dikembalikan ke Penjual untuk pengembalian dana.

Sehingga dana pembelian tidak akan dikembalikan, melainkan penjual akan mendiskusikannya dengan pembeli yang bersangkutan untuk mendapatkan solusi yang terbaik. 

Cara Melacak Pengiriman Gagal di Shopee

Mau tahu cara jualan di Shopee yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller Shopee berpengalaman di Komunitas Bisnis Shopee MEA sekarang juga!

Mengutip laman Shopee Seller Center, semua pesanan yang berstatus pengiriman yang gagal oleh pihak jasa kirim bisa diakses melalui halaman Pengiriman Gagal di laman Shopee Seller Centre dan aplikasi Shopee. Sobat MEA juga dapat melacak pengiriman paket yang dikirimkan kembali kepadamu dengan lebih mudah. 

Pada halaman Pengiriman Gagal, Sobat MEA juga bisa menerapkan filter berdasarkan status paket pada bagian Semua Status mulai dari Dikirim ke Penjual, Selesai Dikirim ke Penjual, Gagal Dikirim ke Penjual,  hingga Paket Hilang/Rusak saat Pengembalian.

Sehingga ada 2 cara melacak pengiriman gagal di Shopee yang bisa dilakukan. Bagaimana tutorialnya? Check this out~

1. Shopee Seller Center

  • Kunjungi situs web Shopee Seller Center melalui browser.
  • Login akun toko menggunakan email/username dan password.
  • Di halaman beranda, pilih menu Pesanan Saya di sebelah kiri.
  • Lalu pilih Pengiriman Gagal.
  • Pilih bagian Semua Status, dan pilih status pesanan yang dibutuhkan.
  • Sobat MEA dapat melihat pesanan apa saja yang mengalami kegagalan beserta statusnya.

2. Aplikasi Shopee

  1. Buka aplikasi Shopee di HP. 
  2. Login akun toko menggunakan email/username dan password.
  3. Pilih menu Saya yang ada di pojok kanan bawah. 
  4. Lalu pilih menu Toko Saya
    Di halaman Toko Saya, pilih menu Riwayat Pesanan
  5. Kemudian pilih bagian Pengiriman Gagal.
  6. Pilih bagian Semua Status, dan pilih status pesanan yang dibutuhkan.
  7. Sobat MEA dapat melihat pesanan apa saja yang mengalami kegagalan beserta statusnya.

Cara Menangani Pengiriman Gagal di Shopee

Galau dengan gagalnya pesanan yang terjadi di tokomu? Jangan khawatir, ada beberapa solusi untuk masalah tersebut beserta status pengiriman gagal yang didapatkan. Melansir laman Shopee Seller Center, berikut uraian lengkapnya:

1. Dikirim ke Penjual

Status ini berguna dalam mengetahui informasi jumlah pengiriman gagal yang dimiliki dan melacak paket yang sedang dalam perjalanan kembali ke penjual.

2. Selesai Dikirim ke Penjual

Setelah menerima paket dari pengiriman yang gagal, penting untuk memeriksa paket dan barang di dalamnya dalam kondisi baik. Barang yang masih dalam kondisi baik dapat digunakan untuk menjadi stok tokomu kembali. 

3. Gagal Dikirim ke Penjual

Jika jasa kirim telah melakukan beberapa upaya untuk mengirimkan paket tapi tidak berhasil, maka jasa kirim berhak untuk mengambil tindakan terhadap paket tersebut dan status paket di Shopee akan diperbarui sebagai Gagal Dikirim ke Penjual.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan paket gagal dikirim ke penjual meliputi alamat tidak dapat dijangkau, alamat tidak sesuai (tidak dapat diidentifikasi, toko/kantor Anda tutup, penjual/penerima tidak dapat dihubungi. Sehingga untuk mengetahui informasi ini, penjual perlu mengecek paket ke jasa kirim terkait.

4. Paket Hilang/Rusak saat Pengembalian

Jika paket dilaporkan hilang/rusak pada saat pengiriman kembali kepada penjual, Sobat MEA dapat menghubungi langsung pihak jasa kirim untuk informasi lebih lanjut terkait apa yang terjadi selama proses pengiriman. Jika paket memenuhi syarat untuk kompensasi, maka jumlah kompensasi akan dikirimkan ke Saldo Penjual.

Nah, itu dia panduan tentang cara menangani pengiriman gagal di Shopee yang penting bagi penjual. Karena pengiriman gagal bisa disebabkan oleh apa saja, mulai dari jasa kirim, cuaca, hingga alamat yang tidak jelas. Sehingga jika Sobat MEA juga mengalaminya, Sobat MEA bisa segera menanganinya dengan langkah-langkah di artikel ini. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment