Cara Dapat Duit dari TikTok dengan Legal dan Jangka Panjang

Cara dapat duit dari TikTok – TikTok semakin kesini semakin ramai penggunanya. Dengan semakin banyak tambahan pengguna, tentunya semakin menambah jenis konten dan kelompok pengguna. Rugi banget dong kalau kesempatan ini nggak kamu manfaatkan?

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan ke kamu mengenai cara dapat duit dari TikTok dengan cara yang legal dan bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Cara Dapat Duit Dari TikTok ?

cara dapet duit dari tiktok

1. Jualan produk sendiri

Jika kamu pebisnis online yang sudah berkecimpung di marketplace, kamu wajib banget nyoba jualan di TikTok. Dengan tren, challenge, dan sound viral yang selalu mengalami perubahan, bisa kamu manfaatkan untuk menjadi ide marketing kamu. Dan untuk kamu yang baru terjun ke dunia perbisnisan online, ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar proses penjualan di TikTok semakin lancar.

  • Pilih niche market

Sebelum membahas lebih lanjut, kamu perlu tahu dulu nih apa yang dimaksud dengan niche market. Jadi, niche adalah kelompok konsumen yang tertarik kepada suatu produk yang spesifik. Niche market ini akan memudahkan kamu untuk menjaring konsumen yang minatnya sudah diketahui.

Contohnya saja Komunitas MEA yang membuka kelas online buat kamu yang ingin belajar cara jualan di marketplace, sosmed, dan cara closing. Selain itu, kami juga menawarkan jasa digital marketing mulai dari UMKM hingga perusahaan besar untuk mengembangkan bisnis mereka melalui marketplace dan sosial media seperti Facebook, Instagram dan TikTok. Jadi, sasaran kami adalah para pebisnis online yang sedang merintis usaha atau yang usahanya sudah berjalan.

Niche market ini seperti target pasar. Kamu harus mengenali produk kamu sendiri untuk bisa menentukan dan menawarkan produk kamu ke pasar yang sesuai dan membutuhkan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam membuat konten dan melakukan penjualan.

  • Konsisten dalam memposting

Karena TikTok berhubungan dengan konten, maka kamu harus membuat konten yang sesuai dengan niche agar algoritma TikTok bisa mengkategorikan konten dan akun kamu. Selain isi konten yang harus sama, akmu juga harus konsisten dalam memposting agar selalu ada traffic dan engagement baru untuk menaikkan eksistensi akun jualan kamu.

Sedikit tips dari kami, jangan membuat konten yang isinya tentang jualan terus. Karena itu akan membuat viewers menjadi bosan. Kamu bisa membuat konten berupa tips, tutorial, edukasi, atau bahkan cerita sehari-hari. Nah nanti kamu bisa menyelipkan jualan kamu dalam konten tersebut.

Tambahan tips sedikit lagi. Buat viewer penasaran dengan isi video kamu sejak 3 detik pertama. Banyaknya konten di TikTok harus membuat video kamu mampu bersaing dengan konten lain. Salah satu caranya adalah dengan tarik perhatian viewers sejak 3 detik pertama agar mereka mau berhenti scrolling dan menonton konten kamu. 

  • Interaksi dengan konsumen dan niche yang sama buat naikin engagement

Agar akun kamu semakin besar, jangan lupa untuk melakukan interaksi dengan pebisnis online lain dengan niche yang sama. Kamu bisa follow akun mereka dan melihat isi konten mereka. Bisa juga tinggalkan komen di akun mereka. Tapi jangan ajak ribut atau menjatuhkan produk mereka, ya. Tak patut kalau kata Upin Ipin mah.

Selanjutnya, kamu juga perlu melakukan interaksi dengan followers kamu. Buat mereka ingin menambahkan komentar di konten kamu. Jangan lupa untuk merespon mereka juga ya!

  • Rajin live

Ini juga nggak kalah penting. Live ini bisa kamu gunakan untuk menaikkan interaksi bersama pengguna TikTok lainnya. Kamu bisa membuka sesi tanya jawab, atau menjelaskan keunggulan produk kamu, hingga memberikan tips yang cocok dan sesuai dengan produk kamu.

Mau tau rahasia bikin konten viral di TikTok?

Gabung kelas kami dan kepoin caranya!

2. Afiliasi

Afiliasi adalah program dimana kamu menjualkan produk milih orang lain. Sama kayak reseller dan dropship, dong? Konsepnya hampir sama, bedanya adalah barang yang kamu jual ini merupakan produk online. Jadi nggak ada wujud fisiknya. Untuk mengetahui lebih detail mengenai afiliasi, bisa kamu baca disini.

Menjadi affiliate juga perlu menentukan niche market loh. Tentunya kamu pengen agar produk yang kamu jualkan ini diminati oleh banyak orang sehingga kamu bisa mendapatkan komisi yang lebih banyak lagi. Jangan lupa untuk mencari program afiliasi yang sesuai dengan minat dan passion kamu agar kamu semakin mudah untuk memasarkannya. Posisikan diri kamu sendiri sebagai pemilik produk dan kamu akan semakin mudah untuk menjual produk tersebut.

Kamu juga perlu rajin posting dan naikkan engagement kamu supaya kamu bisa gabung di TikTok Creator Marketplace (TCM) dan dilirik oleh pemilik bisnis lainnya yang ingin memasarkan produk mereka. TCM sendiri adalah fitur di TikTok yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kerjasama dengan pemilik produk yang ingin menggunakan jasa kamu untuk menjualkan produk mereka. Untuk mengetahui lebih banyak tentang TCM, bisa kamu baca disini.

3. Jadi konten kreator dan open endorsement

Konsep menjadi konten kreator hampir sama dengan bagian menjual produk sendiri. Tapi yang pertama adalah kamu harus menentukan dulu ingin membuat konten yang seperti apa. Untuk mempermudah pembuatan konten dalam jangka panjang, kami sarankan agar kamu membuat konten sesuai dengan minat dan keahlian yang kamu punya. Kalau kamu asal comot topik padahal kamu sendiri nggak paham, kamu bakal kesulitan sendiri untuk kedepannya.

Setelah itu, tentukan juga niche market, konsisten dalam memposting, melakukan live, dan melakukan interaksi bersama followers dan kreator lain dengan niche yang sama. Jika sudah demikian, biasanya kolom audiens kamu akan lebih terbentuk loh. Kalau followers kamu udah banyak, engagement tinggi, kamu bisa mulai bukan endorsement!

Jika kamu ingin mengembangkan bisnis kamu sebagai kreator di TikTok, kamu wajib banget join TikTok Creator Marketplace untuk mendapatkan mitra dari perusahaan yang lebih besar!

Pengen naikin penjualan di TikTok tapi habis ide?

Pakai jasa kami dan akan kami bantu untuk menaikkan omset kamu

Mau coba yang mana?

Cukup simpel kan caranya? Kira-kira, mana nih yang cocok buat kamu?

Jangan lewatkan kesempatan untuk membangun bisnis online di TikTok dengan belajar cara-caranya dari Coach yang udah sering banget tembus FYP! Ikuti Kelas Online TikTok dan kamu bakal jago bikin konten disana! Kami tunggu di kelas ya!!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *